Ramai Jadi Template Instagram Story, Apa Itu Winamp?

virprom.com – Instagram Stories baru-baru ini dipenuhi dengan template Winamp yang diunggah oleh pengguna Instagram. Format template ini adalah tampilan dan nuansa Winamp lama, diikuti dengan kalimat “Lagu apa yang dulu ada di playlist Winamp Anda?”

Nantinya, pengguna dapat menggunakan model template Winamp dengan menambahkan lagu favorit yang biasa mereka putar di pemutar musik Winamp. Bagi sebagian pengguna, ini menciptakan kenangan khusus.

Kegunaan lain dari template Instagram Story menggunakan pemutar musik Winamp ditunjukkan pada contoh di bawah ini. 

Pasalnya, pemutar musik Winamp sendiri pernah populer pada era 1990-an hingga 2000-an dan menjadi andalan para pengguna PC Windows saat itu untuk mendengarkan musik favoritnya. 

Namun popularitas Winamp menurun pada pertengahan hingga akhir tahun 2000-an. Salah satunya dari program pemutar media lainnya. Oleh karena itu, metode template Winamp seolah membawa kenangan bagi pengguna.

Namun sebagian pengguna masih belum familiar dengan program Winamp yang ada pada awal tahun 2000-an. Nah bagi yang masih asing dengan Winamp, berikut ini sekilas tentang Winamp dan sejarah singkatnya.

Baca juga: Winamp Versi Baru Resmi Dirilis, Seperti Apa Tampilan Modern Winamp dan Fitur Utamanya?

Winamp sendiri merupakan software pemutar media yang dikembangkan oleh Nullsoft, perusahaan yang didirikan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Winamp dikenal karena kemampuannya memainkan berbagai format audio dan video, serta kemungkinan antarmuka dengan skin dan plugin. Sejarah singkat Winamp

Winamp pertama kali dirilis oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev dari Nullsoft pada tahun 1997. Versi pertama, Winamp 0.20a, dirilis pada bulan April. Winamp berfokus pada kesederhanaan dan efisiensi dalam memutar file MP3.

Pada tahun 1998, Winamp 1.0 dirilis, menawarkan antarmuka yang lebih baik dan mendukung skin yang dapat disesuaikan.

Pada tahun 1999, Nullsoft dibeli oleh AOL dengan harga sekitar $80 juta. Tahun ini Winamp 2.0 diluncurkan dengan berbagai perbaikan dan fitur. Versi ini menjadi populer di kalangan pengguna komputer.

Pada tahun 2000-2002, Winamp 2.7 dan 2.8 dirilis, memperkuat posisinya sebagai pemutar media populer dengan dukungan berbagai format audio dan video, serta komunitas skin dan plugin yang aktif. Krisis dan kemunduran

Pada tahun 2000, Winamp 3.0 dirilis, namun tidak diterima dengan baik karena masalah kinerja dan kompatibilitas. Banyak pengguna yang merasa versi ini lebih stabil dibandingkan versi 2.x.

Kemudian pada tahun 2003 diluncurkan Winamp 5.0 yang menggabungkan kestabilan versi 2.x dengan fitur-fitur canggih versi 3.x. Hal ini akan membantu memulihkan kepercayaan pengguna.

Baca Juga : Winamp Re-Version Resmi Dirilis, Versi Lama Dengan Update Baru dan Recovery Winamp

Pada tahun 2013, AOL mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mengembangkan Winamp. Namun pada akhir tahun, Radionomy, sebuah perusahaan Belgia, mengakuisisi Winamp dengan tujuan untuk merevitalisasinya.

Kemudian pada tahun 2018, Winamp 5.8 versi beta dirilis ke publik dan kemudian resmi dirilis oleh Radionomy. Versi ini kompatibel dengan sistem operasi modern dan memperbaiki banyak bug.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top