Meta Ganti Label AI di Foto Usai Dirpotes Fotografer

virprom.com – Meta mulai menandai foto yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI) dengan label khusus sejak Mei lalu. Labelnya bertuliskan “Made with AI” atau “Made with AI”.

Namun kini Meta telah mengganti labelnya dengan tulisan baru bertuliskan “AI Info”.

Perubahan tersebut dilakukan setelah beberapa pengguna, terutama fotografer, memprotes label AI tersebut.

Pasalnya mereka mengeluhkan Meta sering memberi label “Made with AI” pada foto asli yang diambil oleh fotografer langsung, namun disempurnakan dengan beberapa alat pengeditan foto.

Perubahan label tersebut berlaku untuk semua media sosial di bawah Meta, termasuk Facebook dan Instagram.

Baca juga: Meta mulai menghadirkan chatbot AI ke WhatsApp

Menurut penjelasan Meta, label sebelumnya tidak cukup jelas untuk menunjukkan bahwa gambar yang diberi tag belum tentu dibuat dengan kecerdasan buatan dan mungkin baru saja menjalani proses pengeditan gambar yang dibantu AI.

“Seperti perusahaan lain di industri ini, kami menemukan bahwa label kami berdasarkan indikator-indikator ini tidak selalu sesuai dengan ekspektasi masyarakat dan tidak selalu memberikan konteks yang cukup dalam postingan di blog resminya.

Secara teknis, perubahan tersebut hanya berlaku pada desain label. Teknologi inti untuk mendeteksi penggunaan AI pada foto dan menerapkan tag khusus masih sama seperti sebelumnya. Meta masih menggunakan informasi dari standar metadata teknis seperti metadata C2PA dan IPTC.

C2PA adalah standar teknis sumber terbuka yang memungkinkan penerbit, pencipta, dan pengguna melacak asal usul berbagai jenis media.

Dengan perubahan desain tag ini, jika fotografer mengunggah foto asli yang disempurnakan dengan alat AI, foto tersebut akan diberi tag baru. Meski begitu, label tersebut belum bisa menjelaskan seberapa besar kontribusi kecerdasan buatan terhadap gambaran yang dimaksud.

Meski demikian, induk perusahaan Facebook dan WhatsApp ini berharap label baru tersebut dapat membuat masyarakat lebih memahami bahwa foto yang diberi label khusus tidak selalu sepenuhnya dibuat oleh kecerdasan buatan.

“Tag ‘Info AI’ mungkin mencakup konten yang dibuat dan/atau diedit dengan kecerdasan buatan, jadi kami berharap konten ini akan lebih sesuai dengan ekspektasi masyarakat karena kami bekerja sama dengan perusahaan di seluruh industri untuk mengembangkannya lebih lanjut,” kata juru bicara Kate, Meta. McLaughlin, dikutip TechCrunch, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: TikTok Tetapkan Label Khusus untuk Konten AI dari Aplikasi Pihak Ketiga. TikTok juga menetapkan label khusus untuk konten AI

Tak hanya Meta, media sosial TikTok juga mengadopsi label khusus untuk konten buatan AI dari aplikasi pihak ketiga. TikTok mulai menerapkan kebijakan ini pada Mei 2024.

Perusahaan yang dipimpin ByteDance mengatakan label tersebut akan muncul secara otomatis, tanpa pengguna harus menambahkannya secara manual.

“TikTok sudah mulai memberi tag secara otomatis pada konten yang dihasilkan kecerdasan buatan (AIGC) ketika diunggah oleh platform lain,” demikian bunyi pernyataan TikTok, dikutip KompasTekno di situs TikTok Newsroom, Minggu (5/12/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top