Pembangunan Proving Ground Bekasi Capai 50 Persen

JAKARTA, virprom.com – Proses pembangunan balai pengujian dan sertifikasi kendaraan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat, disebut sudah mencapai 50 persen.

Menteri Perhubungan (MENHB) Budi Kariya Sumadi berharap target soft launching yang digelar pada September 2024 bisa tercapai.

Budi dalam keterangan resminya mengatakan, “Hari ini saya meninjau perkembangan lantai pameran yang akan kita launching pada September. Sekarang situasinya sudah 50 persen, kita berharap saat itu (September) presiden bisa launching secara soft.” , Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Format SIM Baru Berlaku Juli 2024, Perhatikan Syarat Aktivasinya

Lebih lanjut Budi menjelaskan, pembangunan Proving Ground sejauh ini sesuai target teknis. Selain itu, kerja sama pemerintah dengan badan usaha komersial (KPBU) juga sudah memenuhi kebutuhan tersebut.

Jadi kami berharap pengalaman ini bisa kami terapkan pada proyek lain,” ujarnya.

Tempat Sertifikasi adalah fasilitas pengujian eksternal sesuai standar internasional, yang telah mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Persetujuan dan Persetujuan Bersama atas Ketentuan Persetujuan Seragam untuk Peralatan dan Suku Cadang Otomotif (Konvensi PBB).

Akan ada sekitar 16 fasilitas pengujian berdasarkan standar internasional United Nations Regulations (UNR) yang rencananya akan diterapkan di negara-negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Recognition Agreement.

Baca Juga: Penjelasan Kenapa Model Baru Yamaha NMAX Gunakan Nama Turbo

Dengan adanya BPLJSKB Bekasi Proving Ground, type test di luar negeri bisa dilakukan di Indonesia. Selain itu juga menjadi tempat penelitian tentang perkembangan industri otomotif

Situasi ini diperkirakan akan mempengaruhi potensi ekspor industri otomotif Indonesia untuk meningkat.

Pembangunan Proving Ground Bekasi akan dimulai pada tahun 2021 melalui skema KPBU yang diusung Kementerian Perhubungan. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan kendaraan

Baca Juga: Pilihan Mobil Baru Di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Selain itu, juga mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi ketergantungan pendanaan dari APBN, serta mengendalikan tingkat emisi karbon pada kendaraan. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top