Hindari Pemborosan, Ini Durasi Waktu Panaskan Mesin Motor

JAKARTA, virprom.com – Pemanasan mesin sepeda motor merupakan proses penting yang banyak dilakukan pemilik sepeda motor sebelum berkendara.

Hal ini dilakukan agar mesin mencapai suhu operasi maksimal, sehingga dapat bekerja dengan baik dan efisien selama perjalanan.

Namun pemanasan mesin sepeda motor harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan masalah.

Analis pelatihan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi menjelaskan pentingnya pemanasan mesin sepeda motor yang benar.

Baca juga: Harga Hingga Rp 40 Jutaan, Ini Pilihan Mobil Bekas di Harga Nmax Turbo

“Selama mesin sepeda motor panas, pastikan dalam keadaan mati atau idle, tidak perlu tancap gas,” kata Wahyu kepada virprom.com, Selasa (25/6/2024).

Menurut Wahyu, pemanasan mesin sepeda motor hanya membutuhkan waktu lima hingga lima menit. “Satu hingga lima menit sudah cukup,” katanya.

Memanaskan mesin lebih lama dari itu tidak efisien dan hanya membuang-buang bahan bakar saja.

“Menghidupkan mesin dalam waktu lama juga tidak ada gunanya karena hanya membuang-buang bahan bakar,” ujarnya.

Baca juga: Belajar dari Pengalaman Kebakaran Truk Tangki di Jalan Ngawi

Memanaskan mesin sepeda motor pada waktu dan cara yang tepat tidak hanya membantu menjaga performa mesin tetap baik, tetapi juga mencegah konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, pemilik sepeda motor diimbau memperhatikan waktu dan cara pemanasan mesin sebelum memulai perjalanan. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top