Video Seorang Bapak Tak Terima Ditegur karena Merokok Sambil Berkendara

JAKARTA, virprom.com – Pelanggaran merokok sambil mengendarai sepeda motor masih banyak terjadi di jalan raya dan banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Di antara kejadian tersebut, yang videonya beredar di Internet, terkait dengan seorang pengendara sepeda motor yang mengkonfrontasi pengguna jalan lain karena menolak menegurnya karena merokok di jalan raya.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @topjabar.co, terlihat pengendara sepeda motor berkerudung itu sedang adu mulut dengan pengguna jalan lain saat api berkobar dan hampir mengenai juru kamera.

Baca juga: Harga Mulai Rp 120 Jutaan, Lihat Pilihan Koleksi Baru Mulai Juni 2024

“Saya memarahi ayah ini karena merokok tetapi dia marah. Katanya, tidak ada undang-undang. Pria yang merekam video tersebut berkata: “Saya mempunyai hak sebagai pengemudi lain karena dapat menimbulkan kecelakaan dan akan mendapat (grab) oleh pengemudi lain”.

Bukannya meminta maaf dan mematikan rokoknya, sang ayah justru malah marah dan menanyakan larangan merokok saat mengemudi.

Harap diingat bahwa merokok sambil mengendarai sepeda motor mengganggu kemampuan Anda mengemudi dan mengganggu konsentrasi.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2018 tentang LLAJ pasal 106 ayat 1 disebutkan bahwa setiap orang yang berkendara di jalan raya wajib menggunakan kendaraannya dengan bijaksana dan konsentrasi penuh.

Anda tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kemampuan Anda mengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan, termasuk merokok.

Jika ada pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 1388, maka orang tersebut diancam dengan pidana penjara paling lama tiga bulan atau denda paling sedikit 750 ribu Rial.

Baca juga: DAMRI Luncurkan Bus Trans Sulawesi Selatan, Cek Rutenya

Jika melihat pengemudi merokok, jangan ketinggalan, kata Wahana Agus Sani, Kabid Promosi Keselamatan Mobil. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengendara depan terkena abu atau kotoran.

“Jadi untuk menjamin keselamatan saat berkendara, selalu pakai helm,” kata Agus.

Menutup helm tidak hanya melindungi Anda dari abu rokok, tetapi juga dari debu dan benda kecil lainnya yang beterbangan. Oleh karena itu, tidak perlu menegur pengemudi yang pernah merokok sebelumnya.

Sebagai pengemudi, kita harus mampu beradaptasi dengan lingkungan berkendara. Karena tidak ada jaminan pengemudi akan memahami Anda saat Anda memarahi. “Bahkan sering terjadi kesalahpahaman yang berujung pada perkelahian,” kata Agus. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top