Indonesia Mau Perkuat Kerjasama Pengembangan EV dengan Jepang

Jakarta, virprom.com – Pemerintah Indonesia bertekad melanjutkan pengembangan industri kendaraan listrik (EV) dengan memperkuat kerja sama dengan banyak negara, termasuk Jepang.

Pasalnya, Indonesia memiliki sumber daya mineral melimpah yang dapat berkontribusi besar terhadap pengembangan kendaraan listrik domestik dan global.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan (Zulhas) mengatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas tersebut.

Baca juga: Barisan Upgrade Kapsul Kijang, Tampil Ceper dan Dapat Sunroof

 

“Indonesia mengajak Jepang untuk meningkatkan kerja sama industri otomotif mobil listrik di Indonesia,” kata Zulhas dalam siaran persnya, Sabtu (18/5/2024).

Hal itu disampaikan Zulhas usai pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Parlemen Jepang, Masahiro Komura, di Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2024, Peru, Jumat (17/5/2024).

Dikatakannya, pertemuan bilateral tidak hanya dilakukan dengan Jepang, namun juga dengan banyak negara lainnya. APEC juga merupakan forum kerja sama regional bagi 21 negara Pasifik.

Secara umum pembicaraan APEC akan membahas upaya fasilitasi perdagangan untuk mewujudkan perdagangan yang liberal, inklusif dan berkelanjutan. Kerja sama APEC menghasilkan keputusan yang bersifat sukarela dan tidak mengikat.

Baca juga: Cegah Tabrakan di Jalan, Ini yang Perlu Diwaspadai Pengemudi Truk.

Anggota ekonomi APEC adalah Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Kanada, Chili, Tiongkok, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Papua Nugini, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat Amerika dan Vietnam.

“Kegiatan inti APEC meliputi perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi lainnya untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan Asia Pasifik,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top