Kickboxing Indonesia Tingkatkan Kualitas Lewat Sertifikasi Pelatih

virprom.com – Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PPKBI) terus meningkatkan kualitas pelatih kickboxing di Indonesia melalui program sertifikasi pelatih.

Sebanyak 38 orang pelatih dengan nilai A, B dan C diwisuda pada program Sertifikasi Pelatih Kickboxing Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024 di Nam Center Hotel Kemayora, Jakarta Pusat pada tanggal 21-23 Juni 2024.

Dari 38 peserta, empat orang tidak lolos seleksi karena ketidakhadiran dan penguasaan materi yang kurang. Selain itu, lima orang diangkat menjadi lulusan bersyarat.

Wakil Ketua Senior Bidang Prestasi PPKBI, Dr. Rosi Nurasjati mengungkapkan beberapa hal terkait sertifikasi pelatih.

“PPKBI telah melahirkan 38 pelatih bergelar Madya sehingga bisa sah membimbing para atlet PON Aceh Medan 2024,” kata Dr. Rosi Nurashati.

Baca juga: PBSI Mulai Sosialisasi Calon Ketua Umum 2024-2028

“Dari 38 peserta, 4 orang menyatakan tidak lulus karena selain tidak hadir di kelas, kehadiran yang sangat buruk juga berdampak pada tidak menguasai materi yang diberikan,” lanjutnya.

Seri sertifikasi ini melibatkan peserta dalam berbagai diskusi, tanya jawab. Tak hanya itu, sikap peserta juga dinilai cukup.

“Yang juga menonjol dalam sertifikat ini adalah lebih banyak diskusi dan tanya jawab. Selain itu, ada poin sikap dalam daftar nilai sertifikat kelulusan,” jelas Dr. Rosi Nurasjati.

“Tujuannya di sini untuk meningkatkan kesadaran para pelatih dan menyampaikan kepada atletnya bahwa sikap positif akan mempengaruhi pencapaian hasil,” tambahnya.

Dr Rosi Nurasjati juga memaparkan program sertifikat ini kepada berbagai pembicara, seperti Prof. Albertus Fenanlampir, Master Agus Budiono dan tim Dewan Sabuk Nasional Kickboxing Indonesia. 

Materi yang dipelajari meliputi penetapan program latihan tahunan, prinsip-prinsip latihan, komponen biomotor, nutrisi olahraga, cedera olahraga dan arbitrase kickboxing, baik di atas matras maupun di atas ring.

Baca juga: Persib Mulai Gerak di Bursa Transfer, Lepas Fitrul Dwi Rustapa

Abi Habibullan dari Pengprov KBI Jawa Barat dan Nabila dari Pengprov KBI Sumsel tercatat sebagai pelatih lulusan terbaik.

Sekadar informasi, program sertifikasi ini dilakukan dengan menggunakan biaya mandiri untuk memenuhi persyaratan peraturan pemerintah. 16 Tahun 2023 tentang standardisasi pelatih.

Sementara itu, Rosi Nurasjati mengatakan, performa kickboxing Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang luar biasa.

Tim kickboxing Indonesia meraih dua medali perak pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Pada SEA Games Vietnam 2021, Indonesia berhasil meraih dua medali emas. Disusul tiga emas, empat perak, dan lima perunggu pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Sementara itu, tim kickboxing Indonesia berhasil meraih dua emas, dua perak, dan lima perunggu dalam satu ajang Asian Kickboxing Championships 2023. Dapatkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top