Tanggal 1 Juni 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 1 Juni 2024 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini diperingati sebagai hari lahir Panchsila.

Selain itu, ada festival dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa hari libur yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024. Hari Lahir Pancasila

Pada tanggal 1 Juni 2024 akan diadakan perayaan hari lahir Pancasila secara nasional. Hari ini juga merupakan hari libur nasional.

Tanggal ini ditetapkan pada tanggal 1 Juni, karena diumumkan melalui pidato Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 pada sidang Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPPCI).

Panchasila mempunyai sejarah panjang lahirnya dasar negara.

Pankasila lahir dari gagasan Bung Karno yang kemudian dikembangkan oleh BPUPKI melalui panitia yang beranggotakan Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, Tuan AA.

Panitia ini beranggotakan 9 orang, berdasarkan pidato Burg Karnot tanggal 1 Juni 1945, untuk melaksanakan reformasi Pancasila sebagai dasar negara dan menyiapkan rancangan dokumen sebagai teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pancasila dinyatakan sebagai pendiri negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945. Kata Pankasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “panka” yang berarti lima dan “sila” yang berarti batu bersama. Panchasila artinya mempunyai lima sandhis atau lima unsur.

Merujuk pada surat edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, maka tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah “Pancasila adalah Semangat Pemersatu Bangsa, Golden Indonesia 2024″. . 

Tema ini dipilih dengan harapan agar Indonesia dapat mencapai cita-citanya, seperti Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Hari Orang Tua Internasional

Hari Orang Tua Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Hari ini ditetapkan oleh PBB pada tahun 2012.

Tujuan dari hari ini adalah untuk menghormati jasa orang tua kita yang telah melahirkan kita ke dunia dan merawat kita hingga kita dewasa.

Pelayanan orang tua memang tak terukur. Jauh sebelum bayinya lahir ke dunia.

Kehadiran orang tua dan kasih sayang mereka melengkapi hidup kami. Gunakan hari ini untuk berterima kasih kepada orang tuamu.

Hari ini juga bisa menjadi alasan untuk memberi mereka hadiah.

Baca juga: Tanggal 30 Mei 2024 diperingati pada hari apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top