Menyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering Bisa Berakibat Fatal

SOLO, virprom.com – Wiper mobil menjadi bagian penting untuk menjaga visibilitas pengemudi, terutama saat kondisi hujan.

Namun banyak pemilik mobil yang tanpa sadar menggunakan wiper untuk menghilangkan kotoran pada jendela yang kering. Hal ini dapat merusak kaca depan mobil Anda.

Apabila wiper dioperasikan pada kaca kering, terjadi gesekan langsung antara karet wiper dengan permukaan kaca tanpa adanya pelumasan dari air atau cairan pembersih.

Iwan, pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda, mengatakan wiper sebaiknya tidak dioperasikan saat kaca depan dalam keadaan kering.

Baca juga: Hati-hati, Pemakaian Wiper yang Tidak Benar Bisa Merusak Kaca

Gesekan antara karet dan kaca kering dapat menyebabkan keretakan pada kaca, kata Ivan kepada virprom.com, Jumat (25/5/2924) lalu.

Aiwan menjelaskan, hal ini terjadi ketika kotoran, debu, atau gesekan antara karet wiper menjadi keras sehingga merusak kaca yang kering.

Karet wiper mudah rusak jika diulang, apalagi jika kondisi wiper buruk, rangka atau bilah wiper juga dapat membentur permukaan kaca.

Baca juga: Penurunan Penjualan Mobil Listrik Akibat Kurangnya Pemerintah

Selain itu, Ivan menyarankan untuk hanya menggunakan wiper saat hujan karena jika kaca kotor dan dibersihkan dengan semprotan deterjen, kaca bisa menjadi keruh.

“Gunakan wiper saat hujan saja agar kaca tidak pecah. Kalau kaca kotor dan dibersihkan dengan semprotan pembersih, biasanya kaca mudah keruh karena goresan kecil,” kata Ivan.

Aiwan menegaskan, wiper didesain untuk membersihkan air, bukan kotoran di kaca depan. Dengarkan berita terhangat dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top