Prabowo Disebut Setuju Presiden Dipilih MPR Lagi, Gerindra: Masih Konsentrasi Pelantikan Presiden

JAKARTA, virprom.com – Ketua Fraksi DPR Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya akan tetap fokus pada pengangkatan presiden hasil pemilu 2024, dibandingkan wacana amandemen UUD 1945.

Sementara itu, Muzani menanggapi pernyataan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti yang menyebut Prabowo setuju amandemen UUD 1945 untuk mengembalikan pemilu presiden ke MPR.

Gerindra fokus menunjuk DPR dan Presiden hasil pemilu 2024, kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/06/2024).

Saat ditanya sikap Fraksi Gerindra terhadap amandemen UUD 1945, Muzani mengatakan pihaknya masih mempelajarinya.

Baca juga: Kasus Presiden MPR Bambang Soesatyo diputus karena Pelanggaran Kode Etik Usai Pembahasan Amandemen

“Kami sedang belajar. Ya, kami sedang belajar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti menyatakan Presiden terpilih Prabowo Subianto sepakat pemilihan presiden dikembalikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (MPR), bukan rakyat.

Menurut La Nyalla, visi Prabowo adalah mengembalikan UUD 1945 ke teks aslinya yang menetapkan presiden dipilih oleh MPR.

“Iya harusnya bisa. Pak Prabowo juga mau, Pak Prabowo jelas mau. Visi misi Pak Prabowo jelas untuk mengembalikan UUD 1945 sesuai naskah aslinya,” kata La Nyalla usai bertemu mantan pimpinan MPR Amien Rais. di Gedung DPD, Senayan, Jakarta pada Senin (24/06/2024).

La Nyalla mengatakan amandemen UUD 1945 harus dilaksanakan sebelum pemilu 2029.

Baca juga: DPD Antusias Pilih Amandemen UUD 1945 Agar Presiden Bisa Dipilih Kembali di MPR, Kata Prabowo Mau

Menurut dia, keputusan mengembalikan pemilu presiden ke MPR mungkin akan diambil pada masa pemerintahan masa depan Prabowo Subianto.

Silakan kita adakan naskah akademisnya. Silakan diadakan rapat luar biasa, nanti bersama anggota DPD, ada juga anggota MPR yang juga punya usulan seperti itu, kata La Nyalla.

Langkah selanjutnya adalah menuntut pertemuan luar biasa yang akan kami adakan setelah pelantikan presiden terpilih Pak Prabowo Subianto, imbuhnya. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top