Mitos atau Fakta, Knalpot Mobil Keluar Asap Putih Harus Turun Mesin?

SLEMAN, virprom.com – Mobil modern cenderung mengeluarkan lebih sedikit karbon berkat teknologi mesin yang ditingkatkan. Dengan demikian, asapnya tidak berwarna dan tidak berbau.

Jika asap tiba-tiba berubah warna atau berbau, ini mungkin pertanda prosesnya melambat. Faktanya, mobil tersebut mungkin membutuhkan mesin yang lebih rendah.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan asap beracun dapat menandakan kondisi kesehatan mesin mobil.

Baca juga: Alasan Sepeda Motor Mengeluarkan Asap Hitam

Misalnya asap putih kemungkinan besar ring piston sudah aus sehingga oli terbakar dan mesin perlu diperbaiki, tapi jangan lupa periksa kemungkinan lain seperti kerusakan pada katup PCV, kata Hardy kepada Kompas. com Sabtu (29/6/2024).

Jika oli terbakar melalui PCV atau saluran pemasukan udara, Hardie mengatakan tidak perlu perbaikan sampai mesin mengalami kerusakan.

“Selain untuk menciptakan kompresi, ring piston juga bertugas membersihkan oli pada area dinding silinder. Jika ring yang aus tidak bergerak leluasa atau tersangkut, kemungkinan sisa oli akan terbakar di ruang bakar,” ungkapnya. Kuat.

Baca juga: Mengapa Sepeda Motor Mengeluarkan Asap Hitam?

Hardy mengatakan, alarm tersebut akan diikuti dengan bau asap yang berubah menjadi bau minyak terbakar dan ujung cerobong menjadi basah karena minyak.

Tapi kalau asapnya berwarna putih seperti kabut yang biasa terlihat di pagi hari, itu hanya uap air dan itu normal karena semua pembakaran membutuhkan oksigen dan evaporasi, kata Hardy.

Jadi, menurut Hardy, warna asap putih bisa jadi pertanda mobil perlu pemeriksaan atau timing mesin, namun bisa saja ada kemungkinan lain sehingga perlu dilakukan pemeriksaan. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top