Incar Blok Baru, PT Pertamina Internasional EP Ekspansi ke Timur Tengah

virprom.com – PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) Subholding Hulu Regional Internasional Pertamina melakukan ekspansi dengan dibukanya kantor cabang di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), 7 Februari 2024.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nike Vidyawati meyakini kehadiran kantor cabang Dubai akan menjadi sarana perluasan PIEP dan membuka peluang penambahan blok baru di Timur Tengah.

“Pertamina telah mengidentifikasi peluang pengembangan bisnis dan peluang penambahan blok terbuka yang sangat besar dan luas di Timur Tengah,” ujarnya dalam siaran pers yang diperoleh virprom.com pada 7 Maret 2024.

“Kami berharap pembukaan cabang baru di Dubai ini tidak hanya menambah peluang fisik, namun juga menambah nilai melalui manfaat nyata dan tidak nyata,” lanjut Nick.

Baca Juga: Tesla Cybertruck Menjadi Mobil Patroli Polisi Dubai

Ia menambahkan, hal ini juga akan mendukung optimalisasi biaya operasional Jakarta-Dubai dan mempercepat respon Pertamina terhadap peluang bisnis di wilayah tersebut.

Lebih lanjut Nick menyatakan pembukaan kantor tersebut tidak hanya bertujuan untuk memperkuat kemampuan operasional, tetapi juga untuk mengembangkan seluruh bisnis Pertamina dan membangun rantai pasok Pertamina.

“Selanjutnya, menjadi hub pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui teknologi relevan, intelijen bisnis, tim hukum, manajemen rantai pasokan, dan keterampilan hubungan pemangku kepentingan yang memahami sisi bisnis negara dan peraturan hukum,” jelasnya.

Baca juga: Wagub Kalteng: Stakeholder dan Masyarakat Harus Sadar Pentingnya Kelangsungan Hidup Perempuan Kontribusi PIEP Capai Sekitar 20 Persen

Dalam kesempatan tersebut juga, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Chalid Saeed Salim menyoroti kontribusi PIEP yang mencapai sekitar 20 persen subproduksi hulu produksi minyak dan gas bumi (migas).

“Memiliki kantor cabang di Dubai akan memungkinkan komunikasi dan koordinasi yang lebih lancar dengan mitra serta memperkuat peran PIEP dalam membuka peluang di Timur Tengah,” ujarnya.

Chalid berharap langkah ini akan membuat cabang Subholding Hulu menjadi lebih aktif di luar negeri dan melihat peran Regional Internasional sebagai peluang besar di Timur Tengah.

“Hal ini akan mendukung upaya Subholding hulu Pertamina dalam meningkatkan sektor energi dalam negeri,” imbuhnya.

Baca Juga: Emisi Sektor Energi 2023 Pecahkan Rekor Sepanjang Masa

Kantor Diamond Tower akan menjadi kantor perwakilan PIEP yang bertujuan untuk mengedepankan semangat mendunia guna meningkatkan pendapatan dan nilai tambah lainnya.

Sementara itu, CEO PIEP Jaffi A Suardin mengatakan diskusi awal mengenai investasi baru di blok migas telah dilakukan secara serius dengan otoritas migas Irak.

“Kami mengundang otoritas migas Irak untuk berkunjung ke Indonesia dan memahami lanskap bisnis Pertamina. Mendalami dan berkomunikasi dengan mereka akan menjadi hal yang positif. Selain itu, PIEP juga akan membantu otoritas migas Irak dalam pengelolaan beberapa aset Pertamina. diundang untuk berpartisipasi”, jelasnya.

Kantor ini merupakan perwakilan PIEP ketiga di luar negeri. Sebelumnya, PIEP memiliki PT Pertamina Algeria EP (PAEP) di Aljazair dan PT Pertamina Malaysia EP (PMEP) di Kuala Lumpur.

Baca juga: Bandara Internasional Komodo akan melayani rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo pada September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top