Hasil Pencarian Google Bakal Ditampilkan per Halaman Lagi

virprom.com – Pada tahun 2021, Google menambahkan fitur menulis berkelanjutan ke halaman mesin pencari Google.com untuk versi seluler. 

Fitur yang juga hadir di Google.com versi desktop pada tahun 2022 ini memungkinkan pengguna untuk terus menavigasi hasil pencarian dengan menggulir layar ke bawah, tanpa harus berpindah halaman, hanya dengan mengklik.

Kini sepertinya Google akan mengakhiri penjelajahan berkelanjutan mulai bulan ini dan Google akan mengembalikan hasil pencarian di Google.com seperti sebelumnya, yaitu dengan tampilan per halaman.

Hal ini berdasarkan informasi yang diberikan juru bicara Google kepada saluran berita yang biasa meliput teknologi mesin pencari, SearchEngineLand. 

Baca juga: Fitur Pencarian AI Google Bisa Diuji di Indonesia

Setelah fitur gulir terus menerus menghilang, pengguna Google.com versi desktop dapat menemukan tombol “Berikutnya” di bagian bawah halaman pencarian untuk melanjutkan ke hasil pencarian berikutnya. 

Kemudian untuk Google.com versi seluler, pengguna dapat menemukan tombol serupa, terutama “Hasil lainnya” untuk melanjutkan hasil pencarian berikutnya.

Dengan kata lain, Google.com, baik desktop maupun seluler, tidak akan secara otomatis me-refresh halaman jika pengguna menggulir ke bagian bawah hasil pencarian.

Google mengatakan kepada SearchEngineLand bahwa alasan layanan tersebut dipindahkan kembali ke halaman hasil pencarian adalah untuk mengurangi latensi dan meningkatkan efisiensi memuat halaman hasil pencarian. 

Baca juga: Cara Menghapus Add-ons dari Google Chrome

Hal ini bisa dibilang normal karena Continuous Scrolling justru akan memaksa Google.com untuk memuat hasil pencarian secara terus menerus saat pengguna menggulir layar. Artinya mesin pencari akan terus bekerja tanpa gangguan dan pengguna juga terpaksa menghabiskan data atau kuota internet.

Selain itu, Google juga menyebut fitur Continuous Scrolling gagal meningkatkan pengalaman pengguna terhadap hasil pencarian. Sebenarnya, fitur ini awalnya dirancang agar pengguna dapat melihat hasil pencarian dengan cara yang sama seperti saat mengakses media sosial, yakni dengan melakukan scrolling.

Oleh karena itu, pengguna dapat menemukan hasil pencarian di seluruh halaman Google.com versi desktop mulai minggu ini.

Layar hasil pencarian Google.com versi seluler akan menyusul di masa mendatang, demikian rangkuman KompasTekno dari SearchEngineLand, Senin (1/7/2024). Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top