Komponen Lebih Sedikit, Apakah Biaya Servis NMAX Turbo Lebih Murah?

JAKARTA, virprom.com – Pada sepeda motor matic konvensional CVT, gerak maju dan mundur puli didasarkan pada penggulungan roller yang mendorong cup puli sehingga sabuk dapat bergerak ke atas dan ke bawah.

Namun pada Yamaha NMAX Turbo dengan CVT elektronik, pergerakan maju mundur pulley depan untuk menaikkan dan menurunkan sabuk diatur oleh motor listrik.

Kondisi ini membuat komponen bergerak lebih sedikit, terutama pada area CVT NMAX Turbo dibandingkan NMAX non-turbo.

Baca juga: Bolehkah Mengubah Warna Radiator Mobil Anda?

Dengan pengurangan jumlah komponen, apakah biaya servis NMAX Turbo akan lebih murah?

“Iya, penggantian komponennya lebih sedikit, (biaya perawatan) sepertinya lebih murah, tidak perlu ganti roller ya,” kata Toga Fantiarso, pemilik bengkel khusus skutik Motor Gas, di virprom.com (6 /18). 2024).

“Padahal penggantinya murah sekali. Maksimal rollernya Rp 60.000-70.000, umur pemakaiannya panjang, van beltnya sekitar Rp 120.000,- katanya.

Baca juga: Pemilik BeAT Street tidak disarankan memasang smart key

Sementara itu, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, mengatakan pengurangan komponen NMAX Turbo tidak mempengaruhi harga servis reguler.

“Biaya jasanya tidak terpengaruh, karena tingkat kesulitannya sama. Mungkin lebih hemat kalau diganti karena rollernya tidak ada, yang lain hampir sama,” kata Yoga kepada virprom.com (18/06). /2024).

“Paling tidak nanti kalau CVT elektriknya bermasalah, bisa lebih mahal. Sama saja dengan ABS rusak, tapi lebih mahal karena elektrik. Itu yang perlu saya ketahui, tahan lama, seberapa awet adalah,” katanya.

Baca juga: Suzuki Swift Generasi Baru Syuting di Jalanan Indonesia, Apa Itu?

Selain van belt, bagian bergerak lainnya pada NMAX Turbo adalah kanvas ganda. Yoga mengatakan, double canvas asli Yamaha saat ini dibanderol sekitar Rp 500.000.

“Harga double liner selanjutnya umumnya lebih murah, merk Daytona dijual tanpa rumah, tanpa sepatu, jadi liner saja. “Saat ini harganya sekitar Rp 200.000, itu satu paket tiga kanvas ganda untuk NMAX,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top