Pemerintah Fokus Pulihkan PDN, Wapres: Siapa yang Disalahkan Itu Nanti

Jakarta, Kompas. Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas peretasan Pusat Data Nasional (PDN).

Ia mengatakan, pemerintah masih berupaya mengembalikan status sementara PDN.

Tapi masalah ini harus kita selidiki. Kita pulihkan dulu keadaannya, baru kita cari penyebabnya, kata Maruf Amin saat berbicara pada pembukaan Sekolah Perumahan Islam (Ponpas) se-Jawa Timur. Jatim) Pondok Pesantren Salaf al-Islami (PPSQ) Asy-Syadzili 1, Malang, Jawa Timur, menurut Wakil Presiden YouTube Indonesia, Minggu (30/6/2024).

“Kalau begitu siapa yang harus disalahkan,” lanjut Maruf.

Baca juga: Menkominfo Diminta Mundur dari Jabatan PDN, Wakil Presiden: Kekuasaan Presiden

Maruf pun menanggapi tuntutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dicopot dari jabatannya karena dianggap bertanggung jawab atas peretasan PDN. Untuk sementara

Meski demikian, Maruf menilai kewenangan pergantian menteri ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Untuk itu, saya kira perubahan itu untuk presiden,” kata Maruf.

Sekadar informasi, Pusat Data Nasional (PDN) mengalami serangan siber hingga Kamis (20/6/2024) dan belum pulih sepenuhnya.

Baca Juga: Mahasiswa Tak Bisa Berdonasi Usai PDN Dihack, Anggota DPR Minta KIP Perguruan Tinggi Segera Dipulihkan

Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), BSSN, Polri, dan Telkom selaku pengelola PDN mencoba memulihkan data tersebut, namun gagal.

Pemerintah akhirnya mengaku belum bisa mengambil data yang tersimpan di PDN.

“Kami bekerja keras untuk memulihkan sumber daya yang kami miliki. Jelas bahwa data yang terinfeksi ransomware tidak dapat dipulihkan. “Jadi saat ini kami menggunakan sumber daya yang masih kami miliki,” kata Direktur Jaringan dan Solusi TI Telkom Harlan Wijnarko, Rabu (26/6/2024). Pilih berita dan berita langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top