Alasan Ada Mobil saat Menanjak Mengambil Jalur Arah Berlawanan

KLATEN, virprom.com – Saat melaju menanjak, mobil kerap terlihat melaju berlawanan arah, terutama di jalanan sulit dan berkelok-kelok seperti Sitinjau Lawik, Padang, Sumatera Barat.

Hal ini dapat dimaklumi karena kendaraan yang melaju di tanjakan, seperti bus dan truk, memiliki ukuran yang lebih panjang dan memerlukan jarak manuver yang lebih jauh agar bagian belakang kendaraan tidak keluar dari jalan raya.

Namun terkadang mobil kecil melaju ke arah yang salah sehingga jika tidak diawasi dapat menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Penyebab Muncul Bau Bakar Saat Mengendarai Mobil Bertransmisi Manual Menanjak

Direktur Pelatihan Safety and Security Consultant Indonesia (SDCI) Soni Susmana mengatakan, jalur sebaliknya adalah tikungan luar tikungan, sehingga lebih mulus.

Berbicara kepada virprom.com, Sony berkata: “Semakin jauh ke luar, kemiringannya semakin curam, sehingga memudahkan untuk melewati bukit; mobil besar dan tinggi memerlukan manuver ini untuk mencegah mobil terjatuh dari lintasan.” Sabtu (15/06/2024).

Menurut Sony, dalam kondisi seperti ini sebaiknya mobil yang ingin melaju menanjak diprioritaskan, sehingga memberi jalan bagi mobil yang datang dari arah berlawanan. Namun, perlu dipastikan tersedianya pengawas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Pendakian Klongop Gunungkidul Kembali Normal, Pengendara Masih Bisa Mendakinya

“Kalau ada pengawasnya aman, tapi kalau tidak ada jangan dilakukan karena berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan,” kata Sony.

Sony menyatakan kendaraan yang melaju di tanjakan membutuhkan tenaga lebih, terutama di tanjakan dan tikungan ekstrem.

“Ini bukan soal benar atau salah, tapi Anda perlu mempertimbangkan bahayanya dan mencegah truk mogok, berputar, dan menabrak pengemudi lain,” kata Sony.

Selain itu, prioritas kendaraan yang bergerak menanjak diatur dalam peraturan perundang-undangan, khususnya Pasal 111 Undang-Undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tahun 2009. Dikatakan di sini.

Baca juga: Mengendarai mobil manual di tanjakan membutuhkan keahlian khusus

 

“Pada jalan menanjak atau menurun dimana kendaraan tidak dapat berpapasan, pengemudi kendaraan yang menurun harus memberi jalan kepada kendaraan yang berjalan menanjak.” Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top