Kasus Kematian Mendadak Pebulu Tangkis, Dokter Sebut Perlu Ada AED di Fasilitas Umum

virprom.com – Kematian mendadak seorang atlet bulutangkis di China menjadi pembelajaran bagi petugas kesehatan tentang pentingnya Automated External Defibrillator (AED) sebagai pertolongan pertama yang menyelamatkan nyawa.

“Saat seorang atlet pingsan, alat ini dapat segera mendeteksi kelainan pada irama jantung sehingga memungkinkan penanganan yang tepat untuk mencegah kematian atlet tersebut,” kata ahli jantung dr. Seperti yang ditulis Utojo Lubiantoro, SpJP (K), beberapa waktu lalu, di sela-sela acara.

Baca juga: AED merupakan alat penting dalam pertolongan pertama pada serangan jantung

Utojo mengatakan, perangkat tersebut sebaiknya ada di setiap fasilitas umum, terutama fasilitas olahraga yang sering menyelenggarakan kompetisi dengan intensitas tinggi.

Ditempelkan pada tubuh pasien, alat ini berperan sebagai perekam EKG jantung yang dapat mendeteksi irama jantung pasien sehingga petugas kesehatan dapat menganalisis langkah pengobatan selanjutnya.

Jika irama jantung terganggu, jantung harus disetrum dengan defibrilator jika terjadi fibrilasi dan takikardia ventrikel.

Namun jika detak jantung datar, segera dilakukan resusitasi jantung paru (CPR) untuk memberikan oksigen ke jantung.

“Tidak semua aritmia disebabkan oleh sengatan listrik, hanya fibrilasi atau takikardia ventrikel, jika datar maka CPR, alat bantu pernapasan, ventilator dan sebagainya yang hanya berlaku 5-10 menit pertama,” jelas Utojo.

Baca Juga: Bisakah Serangan Jantung Pada Atlet Dicegah? Kata dokter…

Penanganan yang cepat dapat menyelamatkan nyawa karena jika melebihi itu maka otak akan rusak dan batang otak akan mati.

Jika melihat seseorang tiba-tiba pingsan saat darurat di tempat umum, Utojo menyarankan untuk melakukan pemeriksaan darurat, seperti memeriksa denyut nadi dan menggunakan AED untuk mengetahui irama jantung.

Anggota Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) ini juga berpesan agar para atlet muda rutin melakukan pemeriksaan jantung untuk memastikan tidak ada kelainan jantung yang bisa berujung pada kematian. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top