Banyak Kasus Mobil Terbakar, Ini Pentingnya Bawa APAR

JAKARTA, virprom.com – Kebakaran mobil kerap terjadi, tidak hanya mobil tua, tapi juga kendaraan roda empat keluaran terbaru.

Kejadian ini tentunya tidak boleh dianggap remeh dan patut menjadi pembelajaran karena dapat menimbulkan kerugian materil bahkan korban jiwa. Oleh karena itu, penting untuk membawa alat pemadam api portabel (APR) di setiap kendaraan, agar jika terjadi kebakaran dapat cepat diatasi.

Soni Susmana, Direktur Pelatihan Konsultan Pertahanan Keamanan Indonesia (SDCI), mengatakan APAR bukanlah alat utama, namun dapat menjadi alat tambahan yang diperlukan untuk memadamkan api atau bahkan membantu masyarakat yang membutuhkan jika terjadi kebakaran.

Baca Juga: Alasan Zeekr Ingin Luncurkan 2 Model di Indonesia

“Saat terjadi kecelakaan, kemungkinan besar terjadi percikan api dari mobil yang mengalami benturan dan gesekan. Karena kita tidak boleh menjadi penonton saat terjadi kebakaran. Itu bukan masalah yang diasuransikan. Tapi tanggung jawab,” kata Soni.

Sony melanjutkan, sebelum mobil terbakar, biasanya akan mengeluarkan asap, bau terbakar, atau percikan api. Jika hal ini terjadi, ia berpesan kepada pengemudi untuk tidak panik dan tidak membiarkan emosi mengendalikannya. Kemudian segera evakuasi pengemudi dan penumpang. Pindahkan kendaraan ke bahu jalan jika memungkinkan.

“Kalau begitu segera evakuasi penumpang. Kalau bisa pakai APAR dan semprotkan ke sumbernya (biasanya api di ruang mesin),” kata Soni.

Untuk kontaminasi, yang terbaik adalah memulainya di bawah mobil, karena api dapat disebabkan oleh oksigen, korek api, atau bahan bakar, jadi hilangkan salah satunya.

Baca juga: Busi Rusak Bisa Sebabkan Mobil Tidak Berfungsi

“Tetapi jika apinya lebih besar, diperlukan tim pemadam kebakaran dengan peralatan yang lebih banyak.” Karena kalau tidak segera dilakukan pasti apinya akan semakin besar karena banyak material mobil yang tidak tahan api,” kata Soni.

Sementara itu, Budianto yang membawahi masalah lalu lintas menambahkan, dengan adanya APAR di setiap kendaraan dapat mencegah api meluas ke bagian lain.

“Alat pemadam kebakaran yang tersedia minim, dan jika terjadi kebakaran harus dilakukan tindakan cepat atau preventif agar api tidak meluas dalam skala besar untuk mengurangi risiko,” kata Budianto. Dengarkan pilihan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top