Patroli dengan AU Malaysia di Selat Malaka, TNI AU Kerahkan 2 Jet Tempur F-16

Jakarta, virprom.com – TNI AU melakukan patroli udara gabungan bersama Royal Malaysian Air Force (TUDM) atau Royal Malaysian Air Force di Selat Malaka dengan kode Cooperative Patrol atau Patrol Malindo Siri 1/2024.

Dalam patroli tersebut, TNI AU mengerahkan dua pesawat tempur F-16 C/D dari Skuadron Penerbangan 16 Sayap 6 di Pangkalan Udara (Landasan Udara) Rosmin Nurjadin di Pekanbaru.

Patroli akan dilakukan pada Selasa (21 Mei 2024) dan Rabu (22 Mei 2024), kata Rosmin Nurjadin Teniente, Penerangan Pangkalan TNI Angkatan Udara Edison, Minggu (26/5). itu telah dikonfirmasi. Lima). /2024).

Baca juga: Pesawat Tempur F-16 ke-8 TNI AU Selesaikan Modernisasi dan Segera Perkuat Lanud Iswajdi

Kedua pesawat F-16 tersebut diterbangkan Lettu Gali Raqasiwi (Pnb) dan Lettu Ghazi Umar Marzuk (Pnb).

Setelah lepas landas dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbar, dua pesawat F-16 TNI AU bergabung dengan dua F-18 Hornet TUDM untuk patroli bersama di Selat Malaka.

Komandan Pangkalan Udara (Danranud) Rosmin Nurjaddin Marsuma TNI Feri Unardi mengatakan kerja sama Indonesia dan Malaysia bertujuan untuk melindungi wilayah udara dan laut Selat Malaka serta menciptakan keamanan dan stabilitas kedua negara.

Baca juga: TNI AU Kirim 6 Jet Tempur F-16 ke Pusdiklat Pitch Black Australia

Ferri mengatakan sangat penting untuk memperkuat komitmen hubungan bilateral.

Mengingat Selat Malaka merupakan salah satu jalur perairan tersibuk di dunia, maka diperlukan kewaspadaan yang lebih besar agar perekonomian dapat berjalan dengan baik, kata Feri, dikutip dari siaran pers Badan Penerangan TNI AU.

Siaran pers yang sama menuliskan bahwa Patroli Marindo digelar untuk menunjukkan tekad kedua negara dalam menjaga keamanan kawasan, yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kawasan. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top