Cara Menghindari Mobil Gagal Nanjak di Tanjakan

SOLO, virprom.com – Berkendara di tanjakan terjal membutuhkan keterampilan berkendara dan pengetahuan tentang kondisi kendaraan.

Memahami kondisi mobil Anda merupakan langkah penting dalam menentukan keberhasilan pendakian gunung Anda dan keselamatan pengemudi dan penumpang Anda.

Sony Susmana, Direktur Pelatihan Konsultan Pertahanan Keamanan Indonesia (SDCI), mengatakan bahaya terbesar saat mobil melaju di tanjakan adalah ketidakmampuan mendaki tanjakan.

Baca juga: Hasil Konsumsi BBM New Xpander Cross di Jalan Tol

Sony mengatakan kepada virprom.com, Minggu (23/6/2024): “Keadaan kegagalan pendakian bisa berbeda-beda dan mungkin karena penanganan yang tidak tepat, kepanikan, mati listrik, atau ban yang tidak sesuai.”

Sony menjelaskan, dari semua faktor tersebut, hal pertama yang harus diperhatikan pengemudi adalah memahami kondisi mobil.

Penggerak depan atau belakang, kondisi pelat kopling atau matic, kondisi mesin, cc atau kompresi, kata Sony.

Setelah memahami hal ini, pengemudi perlu menerapkan strategi atau prosedur yang benar selama pengoperasian.

Baca juga: Ini Alasan Dilarang Menyalip dan Parkir di Bahu Tol

“Pertama, titik awalnya cukup jauh, dan kecepatannya lebih rendah, disesuaikan dengan sudut kemiringan dan kemiringannya,” kata Sony.

Kedua, pertahankan putaran pada 2.000 rpm dan jangan memindahkan gigi di tengah tanjakan, karena dapat menyebabkan hilangnya tenaga.

Ketiga, jika tenaga mesin atau cc rendah dan transmisi CVT, hindari parkir berlebihan dan berkendara menanjak, kata Sony.

Dengan pengetahuan ini, pengemudi dapat menavigasi perbukitan dengan lebih aman dan efisien, mengurangi risiko kerusakan saat pendakian dan menjaga keselamatan jalan raya. Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top