Tanggapi Kritik TImwas, Kemenag Sebut Ibadah Haji 2024 Banyak Dipuji

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Agama (Kemenag) meminta kritik terkait pelaksanaan ibadah haji 2024 harus didasarkan pada data yang akurat dan objektif.

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbi saat ditanya tentang hasil laporan Tim Pemantau Haji (Timwas) mengenai banyaknya permasalahan penyelenggaraan haji 2024.

Menurut Anna, banyak pihak yang memuji kinerja haji tersebut. Salah satunya soal proses perpindahan gereja dari Arafa-Muzdalifa-Mina.

“Di Muzdalifah, meski penuh umat, namun seluruh jemaah didatangkan ke Mina pada pukul 07.30. “Tahun lalu baru pukul 14.00 gereja diangkut,” kata Anna saat dihubungi virprom.com, Minggu (23/06/2024).

Baca Juga: Sedikitnya 1.000 Jemaah Haji Meninggal di Arab Saudi, Ini 3 Alasannya

Anna juga mengatakan banyak pihak yang memuji hotel-hotel di Mekkah dan Madinah. Mereka mengaku sangat senang ditempatkan di sana.

Selain itu, Kementerian Agama juga menampung jemaah haji Indonesia yang berdomisili di Kodim Mina yang lebih dekat dengan kawasan Jumra.

Tahun sebelumnya, gereja tersebut terletak di Mina Jadid yang letaknya jauh.

“Kami juga mengimbau sebagian jamaah untuk menginap di hotel-hotel sekitar Mina untuk mengurangi kerumunan,” kata Anna.

Baca Juga: Jemaah Haji Berisiko Tinggi, Lansia Diimbau Hindari Jumrah

Selain itu, ada penambahan cepat untuk mempercepat proses migrasi. Acara ini dinilai sangat penting bagi jamaah yang lebih tua.

“Penting sekali bagi para lansia, mereka tidak perlu khawatir terjebak dalam proses imigrasi,” ujarnya.

“Semua hal di atas dilakukan pada saat jumlah jamaah haji tertinggi sepanjang sejarah,” imbuhnya.

Sebelumnya, tim haji mengungkap beberapa permasalahan dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024.

Diantaranya adalah tenda yang melebihi kapasitas, jamaah yang tidur di lorong tenda, udara mati yang dianggap tidak layak untuk lansia, dan antrian toilet yang berjam-jam.

Tahun ini, pemerintah Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak 20 ribu orang. Jumlah jamaah yang berangkat mencapai 241.000 orang. Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top