Jangan Ragu buat Turun Mesin Demi Kembalikan Performa Mobil

KLATEN, virprom.com – Mobil dengan kerusakan mesin mendapat stigma yang salah, padahal hal itu tidak terlalu diperlukan karena terkadang mobil memang perlu berfungsi dengan baik.

Sebaiknya mesin segera dirusak begitu gejalanya muncul untuk menghindari kerusakan serius yang dapat meningkatkan biaya perbaikan.

Sukoharjo Muchilis, Pemilik Galasi Auto Service Company yang khusus memperbaiki mesin Toyota dan Mitsubishi, mengatakan, selama desainnya benar, maka perilaku mobil saat mesin dimatikan sama seperti saat keluar dari pabrik. . .

Baca Juga: Mana yang Sebaiknya Anda Pilih?

“Pemecahan mesin atau perbaikannya harus mengikuti petunjuk pabriknya, seperti pembongkaran suku cadang, pengukuran, penggantian suku cadang dan perbaikan agar kualitasnya baik,” kata Mouris kepada virprom.com beberapa waktu lalu.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo mengatakan, terkadang mesin harus dimatikan tanpa menunggu mobil mogok, salah satu tujuannya agar biaya perbaikan tidak membengkak.

“Misalnya ada masalah kompresi, mesin tetap hidup, tapi performanya menurun, dan muncul tanda-tanda lain seperti asap putih dari knalpot yang menandakan bahan bakar sudah habis,” kata Hardy baru-baru ini. katanya kepada virprom.com.

Baca juga: Cara Mengecek Kualitas Mesin Mobil Bekas

Hardy mengatakan, tanda-tanda tersebut bisa menunjukkan kondisi ring piston atau keausan pada dinding silinder sehingga mesin perlu diservis.

Selain stres, Hardy mengatakan salah satu gejala yang mungkin terkait dengan kerusakan mesin adalah air yang keruh.

“Jika minyaknya terkontaminasi maka perlu dihilangkan karena dibakar atau dibersihkan sedikit saja tidak akan menyelesaikan masalah dan bisa menimbulkan masalah baru,” kata Hardy.

Hardy mengatakan, kendalanya adalah tersumbatnya saluran minyak akibat tumpahan lumpur dalam jumlah besar.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Apakah Knalpot Mobil Menghasilkan Asap Putih?

Oleh karena itu, ada langkah tambahan sebagai langkah yang diharapkan, daripada beberapa masalah besar, yaitu membersihkan seluruh area bahan bakar dan mengganti ring piston, gasket, dan gauge,” kata Hardy.

Hardy mengatakan, lebih murah mematikan mesin tanpa menimbulkan kerusakan yang terlalu parah dibandingkan menunggu hingga menimbulkan suara keras atau tabrakan akibat kerusakan.

Oleh karena itu, konsumen tidak perlu ragu atau menunda perbaikan jika kerusakan menunjukkan perlunya jangka waktu yang lebih singkat untuk mempertahankan kinerja dan menghindari pembengkakan biaya. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami di ponsel Anda. Pilih saluran yang paling Anda sukai dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top