Baterai EV Punya Sistem Pendingin Khusus, Cara Merawatnya Mudah

SUKOHARJO, virprom.com – Salah satu kekhawatiran konsumen sebelum memutuskan membeli kendaraan listrik (EV) adalah ketahanan baterainya.

Seperti kita ketahui bersama, baterai bukanlah komponen yang murah. Ada pula yang berpendapat penggantian baterai memerlukan spindel dan biaya jutaan rupee.

Meski mahalnya harga aki kendaraan listrik, jelas produsen telah mengembangkan sistem khusus untuk meningkatkan masa pakai aki kendaraan listrik, yakni menjaga suhu pengoperasian tetap ideal.

Baca Juga: Bengkel Umum Mulai Garap Teknologi Kendaraan Listrik

Service Advisor Hyundai Solo Baro Arif Nogro mengatakan, pabrik menyediakan sistem pendingin baterai untuk menjaga suhu pengoperasian pada tingkat ideal sehingga memperpanjang masa pakainya.

Arif virprom.com, Minggu (28): “Baterai pendingin disediakan sebagai pendingin dengan rangkaian mirip radiator mobil, sehingga efek pendinginannya lebih baik karena selalu aktif selama mobil berjalan.” ”/4/2024).

Arif mengatakan, cairan pendingin ini merupakan pendingin baterai dan motor pada rangkaian.

Prinsip kerjanya sama dengan radiator mobil konvensional, yaitu menyerap panas di area aki dan melepaskannya ke area panggangan radiator.

Baca Juga: Politron ingin produksi mobil listrik tahun depan

“Jika performa aki kendaraan listrik menurun, sebaiknya tidak dalam kotak saat penggantian, tetapi hanya dalam jumlah kecil, sehingga harganya terjangkau. Jika masih dalam masa garansi, tidak ada biaya. Arif

Arif mengatakan pengguna dapat menjamin masa pakai baterai yang lama dengan menjaga cairan pendingin.

Perawatannya mudah, kata Arif yang mengganti cairan pendingin setiap empat tahun sekali karena dirancang tahan lama.

Baca Juga: Perang Harga Mobil Listrik Akan Terus Berlanjut dan China Tak Mau Berhenti

Menurut Arif, Hyundai bahkan berani memberikan garansi baterai EV selama 8 tahun, yang berarti sistem pendingin baterai bawaan dirancang khusus untuk menjaga daya tahannya secara efektif. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top