PB WI Gelar Kejurnas Taolu dan Sanda

virprom.com – Pengurus Besar Wushu Seluruh Indonesia (PB WI) menyelenggarakan babak final sirkuit nasional yakni Kejuaraan Nasional Wushu Junior Taolu & Sanda 2024 dan Kejuaraan Wushu Senior Taolu Terbuka.

Acara yang diikuti 600 peserta ini digelar pada tanggal 3 hingga 7 Juli 2024 di Tennis Indoor GBK Senayan Jakarta yang diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotejo.

Sekjen PB WI Ngatino mengatakan, 600 peserta yang mengikuti kejuaraan ini merupakan hasil seleksi pada ajang sebelumnya.

Setelah itu, jumlah atlet kembali dikurangi menjadi 300 orang.

Baca Juga: Perjalanan 8 Tim ke Final Euro 2024

Atlet-atlet terbaik akan dilatih di Pusdiklat Wushu Nasional untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di ajang individu regional dan internasional serta multievent internasional.

“Kita mungkin ambil 20 atau 25 atlet. Tapi timnas kita latih sekitar 60 atlet. Di antara 60 atlet itu, sebelum berangkat, sebelum mendaftar, kita akan tentukan jumlah pesertanya,” jelas Ngatino.

Khususnya pada Kejuaraan Wushu Junior Dunia ke-9 yang akan diselenggarakan di Brunei Darussalam pada tanggal 22 hingga 30 September 2024, tambah Ngatino.

Soal Kejuaraan Dunia Wushu Junior, menurut Ngatino, merupakan tantangan besar.

Pasalnya saat Indonesia menggelar Kejuaraan Wushu Junior Dunia ke-8 di Tangerang tahun 2022, Wushu Indonesia mengukuhkan 23 atlet terbaik seleksi nasional dan sukses menempati posisi ke-3 dengan raihan 10 emas, 2 perak, dan 5 perunggu.

Tentu saja prestasi ini harus kita tingkatkan pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya di Brunei, ujarnya.

Di sisi lain, PB WI harus menjaga tradisi suksesnya selama mengikuti ajang internasional. Pasalnya, para atlet sukses mempersembahkan sejumlah medali untuk Merah Putih.

Perlu kita informasikan bahwa tim Wushu Indonesia berhasil meraih gelar juara umum pada ASEAN University Games ke-21 tahun 2025 di Surabaya-Malang, Jawa Timur dengan perolehan 19 medali emas, 10 perak, dan 5 perunggu, ungkapnya.

Sebelumnya, wushu Indonesia juga mencatatkan hasil menggembirakan. Pada Kejuaraan Wushu Junior di Macau Agustus 2023, Tim Wushu Junior Nasional Indonesia berhasil meraih 6 medali emas, 14 perak, dan 10 perunggu.

Prestasi gemilang ini merupakan perolehan medali terbanyak sepanjang sejarah wushu Indonesia, kata Ngatino.

Prestasi serupa juga diraih oleh atlet senior. Pada SEA Games 2023 di Kamboja, tim wushu nasional Indonesia berhasil meraih 6 medali emas, 6 perak, dan 2 perunggu untuk menjadi juara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top