Diskon Besar Kerek Pengiriman iPhone di China

virprom.com – Pengiriman iPhone di China meningkat 40 persen pada Mei 2024 dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (year-over-year).

Hal ini dilaporkan oleh Institut Penelitian Negara Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi Tiongkok (CAICT).

Faktanya, laporan tersebut tidak secara langsung menyebut merek iPhone, melainkan menggunakan istilah “ponsel luar negeri Prancis”.

Meski tidak disebutkan, smartphone besutan perusahaan asal Cupertino, AS ini merupakan smartphone “branded” yang telah mendominasi pasar ponsel China selama beberapa tahun. Jadi ungkapan “ponsel merek asing” kemungkinan besar mengacu pada iPhone.

CAICT melaporkan penjualan “ponsel merek asing” di Tiongkok naik menjadi 1,4 juta unit pada Mei 2024, naik dari 3,6 juta unit pada Mei 2023 menjadi 5 juta unit.

Baca Juga: iPhone 15 Jual Buruk di China, Apple Dapat Diskon Besar

Melonjaknya jumlah pengiriman iPhone di China tak lepas dari strategi pemasaran yang menawarkan diskon besar-besaran.

Misalnya saja di toko resmi Apple di China, harga iPhone diturunkan sebesar 2.300 yuan (sekitar Rs 5,1 juta) untuk beberapa model iPhone, seperti dilansir KompasTekno dari The Economic Times, Rabu (3/7/2024).

Pertumbuhan pengiriman iPhone di Tiongkok ini merupakan tren positif yang terus berlanjut selama dua bulan terakhir.

Pada bulan Maret, pengiriman iPhone di negara layar bambu tersebut naik 12 persen tahun-ke-tahun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan berlanjut pada bulan April ketika pengiriman iPhone melonjak 52 persen. Tersandung di Tiongkok

Laporan CAICT tidak merinci model iPhone mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap peningkatan pengiriman iPhone di China.

Namun di awal tahun 2024 ini, Apple banyak memberikan diskon khususnya untuk seri iPhone 15. Menurut kabar, Apple akan membagikan diskon mulai Februari 2024.

Akibat ketatnya persaingan di pasar ponsel lokal dan perekonomian yang masih lesu, Apple menghadapi kesulitan dalam menjual iPhone di China.

Baca Juga: iPhone 15 Banyak Didiskon di China, Kurang Laris?

Terjadi penurunan pada triwulan II tahun anggaran yaitu bulan Januari-Maret. Pengiriman iPhone di Tiongkok turun 8,1 persen dalam tiga bulan pertama.

Penurunan tersebut juga berdampak pada penjualan iPhone global yang turun 10 persen pada periode yang sama. Hal ini wajar karena China merupakan salah satu pasar terbesar Apple.

Menurut laporan terbaru CAICT, penjualan iPhone secara bertahap stabil pada bulan Maret dan terus tumbuh hingga bulan Mei. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top