Tanda “I” dan “O” di Tombol Power Bukan Simbol Biasa, Begini Artinya

virprom.com – Siapa yang tidak kenal dengan tombol on/off? Sebagian besar pengguna pasti sudah familiar dengan tombol-tombol yang selalu tersedia di semua perangkat atau perangkat. Tombol power merupakan tombol yang tidak dapat dipisahkan pada berbagai perangkat elektronik.

Tombol power digunakan di semua perangkat elektronik, seperti konsol game, smartphone, laptop, kamera, router, pengontrol, dan masih banyak lagi. Semua perangkat elektronik selalu dilengkapi dengan tombol power.

Baca juga: Mengapa Kebanyakan Ponsel Sekarang Menggunakan Baterai Bawaan?

Seperti diketahui, fungsi utama tombol on/off adalah untuk menghubungkan dan memutuskan perangkat bertenaga listrik, seperti saklar lampu. Tombol power biasanya berada di samping, depan, atau belakang perangkat.

Tombol daya pada sebagian besar perangkat bersifat taktil, sehingga pengguna mungkin merasakan bunyi “klik” saat menekannya. Menekan tombol power biasanya akan menghasilkan tindakan seperti menghidupkan atau mematikan perangkat.

Menemukan tombol power pada perangkat tidaklah sulit. Perangkat elektronik biasanya memiliki beberapa tombol fisik selain tombol on/off. Namun terdapat tanda pada tombol on/off sehingga mudah dikenali dan dibedakan dengan tombol lainnya.

Pengguna dapat mengapresiasi berbagai simbol tombol on/off. Pada sebagian besar tombol daya, terdapat dua simbol ikonik berupa lingkaran (O) dan garis vertikal (I).

Kedua simbol ini biasanya terdapat pada tombol daya pada sebagian besar model perangkat. Menariknya, simbol “I” dan “O” pada tombol power bukanlah simbol biasa. Simbol tombol daya masuk akal.

Lantas, apa arti simbol tombol power dengan huruf “I” dan “O”? Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan simak uraian arti simbol tombol on/off di bawah ini.

Baca juga: Mengapa Penting untuk Menjaga Layar iPhone menghadap ke bawah? arti simbol tombol power

Perlu diketahui, tidak semua perangkat elektronik memiliki tombol on/off yang dilengkapi simbol “I” dan “O”. Pada beberapa model tombol daya, kedua simbol ini terkadang tidak ditampilkan.

Namun masih banyak perangkat yang menggunakan tombol power dengan simbol “I” dan “O”. Simbol ini melambangkan fungsi dari tombol power itu sendiri.

Mengutip situs resmi International Electrotechnical Commission (IEC), organisasi internasional untuk standardisasi peralatan elektronik, disebutkan bahwa arti dari simbol tombol power adalah untuk mematikan dan menghidupkannya.

Simbol “O” menunjukkan tindakan mematikan daya perangkat. Pada saat yang sama, tanda “I” pada tombol On/Off berarti tahap penyalaan.

Setidaknya ada dua jenis simbol tombol power yang digunakan saat ini. Pertama, simbol tombol power dengan huruf “O”, dipisahkan dengan huruf “I”. Kemudian simbol tombol power dengan huruf “O” dan “I” di tengahnya, seperti pada gambar di bawah ini.

Tombol power pertama bisa juga disebut tombol on/off, sedangkan tombol kedua disebut tombol standby. Walaupun kedua tombol tersebut mempunyai simbol yang sama, namun mempunyai arti yang berbeda.

Baca juga: Mengapa sebagian besar logo aplikasi berwarna biru?

Tujuan tombol On/Off adalah untuk menyambungkan dan memutuskan sambungan perangkat sepenuhnya. Sementara itu, tombol standby berarti ketika ditekan, perangkat tidak mati atau mati sepenuhnya, tetapi hanya dapat beralih untuk mematikan layar atau mode tidur.

Demikianlah Arti Simbol Tombol Power dengan Simbol “O” dan “I” yang biasa terdapat pada perangkat elektronik, semoga bermanfaat.

Dapatkan pembaruan harian tentang berita teknologi dan perangkat pilihan. Datang dan bergabunglah dengan saluran WhatsApp CompassTechno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama-tama Anda harus menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top