RAM Oppo A79 5G Bisa “Ditambah” Dua Kali Lipat, Begini Caranya

virprom.com – Oppo A79 5G memiliki fitur bernama ekspansi RAM.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna “menggandakan” kapasitas RAM pada Oppo A79 5G dari yang semula 8 GB menjadi 16 GB.

Ekspansi RAM merupakan fitur yang mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan namun tidak digunakan dan dapat dibaca dengan cepat saat dibutuhkan.

Cara kerjanya mirip dengan memori virtual pada komputer. Secara sederhana, ekspansi RAM adalah sejumlah kecil kapasitas media penyimpanan yang diubah menjadi RAM virtual.

Baca juga: Resmi Oppo Reno 11A dengan layar AMOLED 120 Hz dan kamera 64 megapiksel

 

Fitur ini berguna ketika pengguna ingin membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Jadi bisa dikatakan cara menggunakan fitur ekspansi RAM untuk menambah RAM di Oppo A79 5G sangatlah mudah dan cara melakukannya bisa Anda simak pada langkah-langkah berikut ini.

Pertama, masuk ke menu pengaturan ponsel alias “Pengaturan”. Lalu buka menu “Tentang perangkat”. Kemudian klik pada kolom parameter “RAM”. Setelah itu, aktifkan opsi “Ekspansi RAM”. Selanjutnya, geser penggeser “Perluas menurut” ke “8 GB”. Terakhir, klik tombol “Reset Now” untuk mematikan dan menghidupkan ponsel (reboot).

Kini setelah di-reboot, pengguna Oppo A79 5G kini akan mendapatkan tambahan RAM sebesar 8 GB dari penyimpanan ponsel. Jadi secara teoritis ponsel tersebut akan memiliki kapasitas RAM sebesar 16GB.

Nantinya, RAM ekstra ini digunakan ketika sistem ponsel membutuhkannya, atau RAM 8 GB yang ada di ponsel tidak cukup untuk menunjang kinerja perangkat.

Baca Juga: Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro Diluncurkan Secara Global, Chipset Berbeda dengan Versi China

Jika sistem mendeteksi RAM sebesar 8 GB masih mampu menunjang kinerja ponsel, maka tambahan RAM virtual sebesar 8 GB yang dikonfigurasi sebelumnya tidak akan digunakan.

Ingin mencoba fitur perluasan RAM di Oppo A79 5G? Ponsel ini bisa dibeli dengan harga Rp 3,8 juta untuk versi RAM 8 GB dan 256 GB di berbagai toko resmi dan partner Oppo. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top