Rusia Rebut Distrik di Kota Chasiv Yar Ukraina, Berpeluang Menyerang Lebih Jauh

CHASIV YAR, virprom.com – Rusia mengatakan pada Rabu (3/7/2024) bahwa pasukannya merebut sebuah distrik di kota Hasiv Yar, dekat Bakhmut, Ukraina timur.

Pusat kota di atas bukit adalah tempat pasukan Moskow menekan selama berbulan-bulan.

Terletak di wilayah Donetsk di timur Ukraina, Khasib Yar memiliki kepentingan strategis dan penangkapannya dapat memungkinkan Rusia melancarkan serangan lebih lanjut di wilayah tersebut.

Baca juga: Rusia Hancurkan 5 Jet Tempur Ukraina di Pangkalan Udara, Bikin Marah Komandannya

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada konferensi pers hariannya bahwa pasukannya telah membebaskan distrik Novi di Hasib Yar, sebuah pemukiman di tepi timur kota.

Perebutan wilayah tersebut oleh Rusia juga dilaporkan oleh saluran Telegram DeepState Ukraina, yang terkait dengan militer Kiev.

Dikatakan bahwa distrik tersebut hancur total setelah pemboman Rusia, dan penarikan pasukan adalah keputusan yang logis, meski sulit.

Baca juga: Satu Panggilan Telepon Xi Jinping Bisa Akhiri Perang Rusia dan Ukraina.

Masih belum diketahui apakah tentara Rusia benar-benar melintasi kanal yang melintasi bagian timur kota, sebuah penghalang alami yang membantu melindungi Ukraina.

Dikutip dari kantor berita AFP, “Hasib Yar” terletak sekitar sepuluh kilometer sebelah barat Bechamat, yang direbut pasukan Rusia tahun lalu setelah berbulan-bulan serangan artileri dan pertempuran perkotaan menghancurkan kota tersebut.

Baca juga: Perdana Menteri Hongaria mengunjungi Ukraina, untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia Dengarkan berita kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top