Gus Muhaimin: Timwas Haji DPR Sampaikan Penyelenggaraan Haji 2024 Alami Berbagai Masalah

virprom.com – Ketua Tim Pemeriksa (Timwas) DPR RI, Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin membeberkan beberapa laporan permasalahan terkait penyelenggaraan haji 2024.

Salah satu masalah utama yang dilaporkan adalah alat pendingin ruangan (AC), yang tidak berfungsi di banyak tempat.

Banyak laporan yang masuk, yang pertama AC tidak berfungsi di mana-mana, kata Gus Muhaimin di Mina, Arab Saudi, Minggu malam (16/6/2024).

Selain permasalahan AC, Gus Muhaimin juga menyoroti tenda jemaah haji Indonesia yang sudah melebihi kapasitas. Menurut dia, tenda yang disediakan tidak mampu menampung jumlah jamaah dan tidak dilengkapi kasur yang memadai.

“Terus tendanya kelebihan beban, kasurnya tidak ada. Ini semua harus diperhitungkan,” imbuhnya.

Tim Haji DPR RI juga menemukan penempatan tenda jemaah tidak sesuai dengan maktab yang ditetapkan. Pengawasan masih terus dilakukan, khususnya pada saat jemaah menunaikan ibadah haji aqobah di Mina.

Sebelumnya, Gus Muhaimin mengungkapkan, layanan bus yang mengangkut jemaah haji dari akomodasi menuju Arafah sempat tertunda.

Serah terima jemaah yang rencananya pagi hari diundur menjadi sore dan malam hari. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan dan kelancaran ibadah jamaah.

Sejumlah temuan yang diperoleh Timwas akan dievaluasi. Timwa Haji DPR berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi hasil tersebut dan mencari solusi terbaik guna meningkatkan kualitas pelayanan haji ke depan.

Setelah menyelesaikan wukuf di Arafah dan tinggal di mabit atau Muzdalifah, jamaah haji memulai rajam. Pejabat Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah menetapkan jadwal menunaikan ibadah haji pada tanggal 11 Zulhijah.

Jemaah disarankan untuk melaksanakan rajam sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yaitu antara pukul 05.00 hingga 11.00 waktu Arab Saudi, kemudian pukul 11.00 hingga 17.00 dan pukul 17.00 hingga 00.00 antar jamaah.

Dengan jadwal tersebut, pihak gereja diharapkan dapat mengubah waktu rajam sore atau malam hari untuk menghindari cuaca panas dan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Hasil tersebut melengkapi daftar evaluasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Hasil evaluasi ini diharapkan dapat menjadi masukan penting kedepannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji, kenyamanan dan kelancaran ibadah jemaah haji Indonesia. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top