Penyebab Lampu Indikator Transmisi Matik pada Mobil Menyala

SLEMAN, virprom.com – Mobil modern sudah dilengkapi dengan sistem komputerisasi, sehingga setiap area saling terhubung untuk mencapai performa dan efisiensi kendaraan.

Unit kontrol elektronik (ECU) di setiap sektor, seperti mesin, transmisi, elektronik bodi, kantung udara, dan lainnya, bekerja sama sehingga ketika ada masalah terdeteksi, pengemudi akan diberi tahu.

Termasuk transmisi otomatis, jika terjadi masalah, pengemudi mendapat informasi melalui lampu peringatan di dashboard mobil.

Baca Juga: Kebiasaan yang Membuat Transmisi Otomatis Lebih Cepat Rusak

Jika lampu transmisi matic menyala berarti terdeteksi ada masalah pada sistem, kata Hardik Weibo, pemilik Ah Motor Yogikart.

Katanya, karena tidak semua masalah transmisi akan terdeteksi, seperti rumor yang beredar, dan meski lampu tidak menyala, lampu akan menyala saat ECU menerima pesan dari sensor. Hardy di Compass.com, Jumat (19 April 2024).

Ketika ECU mendeteksi pembacaan data sensor tidak sesuai, sistem akan memberikan informasi kepada pengemudi, kata Hardik.

Misalnya sensor kecepatan kendaraan rusak atau sensor kecepatan kendaraan rusak maka tidak akan bisa memberikan informasi yang valid.

Baca Juga: Alasan Warna Oli Transmisi Otomatis Berubah Menjadi Putih

Akibatnya, nilai informasi kecepatan kendaraan yang dilaporkan ke ECU tidak sama dengan jumlah sensor lain yang juga berputar, sehingga sistem transmisi memiliki beberapa hitungan putaran untuk menentukan rasio akselerasi kendaraan, kata Hardik.

Karena itulah Hardik mengatakan masalah yang sering menyebabkan lampu transmisi otomatis menyala adalah rasio yang salah setiap kali berakselerasi.

“Misalnya deuce salah rasio, maka putaran deuce tidak sesuai perhitungan, sehingga ada kemungkinan terjadi slippage yang dapat membocorkan informasi,” kata Hardik.

Baca Juga: Alasan Mengapa Transmisi Otomatis Sangat Cocok Untuk City Car

Dengan opsi slip, bagian transmisi yang umum sering menyalakan lampu adalah solenoid. Menurut Hardik, komponen ini banyak tersebar di segmen Kodi Control Valve (BCV).

“Solenoid ini berperan sebagai gerbang yang mengontrol aliran oli roda gigi untuk menentukan rasio percepatan atau arah putaran keluaran transmisi, sehingga jika sensor mendeteksi ada ketidaksesuaian maka lampu akan menyala,” ujarnya. Kuat

Hardik mengatakan, munculnya lampu peringatan transmisi otomatis ditandai dengan tanda-tanda penurunan performa, seperti kendaraan mogok, mogok, atau kurang responsif.

Baca juga: Jangan pindahkan tuas transmisi matic ke posisi P hingga mobil berhenti.

Hardik mengatakan, gejala-gejala tersebut harus dimunculkan agar tidak hanya lampu yang menyala, namun tidak semua pengemudi mengalami gejala tersebut, sehingga mobil memiliki sistem pendukung.

Jadi ada banyak penyebab lampu peringatan transmisi otomatis menyala Beberapa di antaranya telah disebutkan di atas dan tidak menutup kemungkinan juga ada alasan lain Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top