Cara Mengemudi yang Bisa Bikin Cepat Rusak CVT Mobil

 

SOLO, virprom.com – Mobil bertransmisi matic saat ini banyak yang menggunakan sistem Continuous Variable Transmision (CVT), saat kecepatan akselerasi berubah tidak akan terasa sentakan.

Dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang mulus dan efisien, ini harus digunakan dengan hati-hati atau dengan ekstra hati-hati.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengendara transmisi matic CVT adalah menginjak pedal gas terlalu keras.

Baca juga: Masyarakat di Negara Maju Ingin Kembali Menggunakan Mobil Konvensional

Evan, pemilik Evan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan akselerator kendaraan matic CVT sebaiknya diinjak perlahan.

“Cara mengendarai CVT yang benar adalah dengan menginjak pedal gas secara perlahan. Ivan mengatakan kepada virprom.com, Jumat (29 Juni 2024), “Perubahan diameter antara puli penggerak dan puli penggerak yang dihubungkan melalui tali baja dapat menyebabkan perubahan kecepatan mobil”.

Oleh karena itu, jika pengemudi menekan pedal akselerator dengan keras maka akan menyebabkan keausan pada bagian transmisi CVT.

“Saat pedal akselerator diinjak dengan keras, tiba-tiba puli penggerak berputar lebih cepat, sehingga terjadi gesekan lebih besar antara puli dengan sabuk baja dan lebih cepat aus,” kata Ivan.

Lihat juga: Mobil Listrik Lama Sulit Dijual, Mobil Listrik Baru Terus Bermunculan

Evan mengatakan, jika Anda memiliki kebiasaan menekan pedal gas, bersiaplah umur transmisi otomatis CVT akan pendek.

Evan berkata: “Beberapa mobil, terutama Honda CVT, sering mengalami patah sabuk baja karena disalahgunakan.

Oleh karena itu, kesadaran tentang cara mengemudikan CVT yang benar penting dilakukan untuk menjaga efisiensi dan umur transmisi. Dengarkan berita utama dan koleksi berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top