Tank Maju ke Gaza, Jihad Islam Palestina Luncurkan 20 Roket ke Israel

GAZA, virprom.com – Kelompok pejuang Palestina “Jihad Islam” menembakkan serangkaian roket ke Israel pada Senin, 1 Tahun Baru 2024.

Hal ini disebabkan oleh tank Israel yang menembus lebih dalam ke berbagai wilayah Gaza.

Kelompok Jihad Islam, sekutu Hamas, mengatakan pasukannya menembakkan roket ke beberapa komunitas Israel di dekat Tembok Gaza sebagai tanggapan atas kejahatan musuh Zionis terhadap rakyat Palestina.

Baca juga: Tank Israel Masuki Gaza Utara dan Selatan dan Hancurkan Sejumlah Rumah

Tidak ada korban jiwa akibat penembakan sekitar 20 roket, kata militer Israel. Namun serangan tersebut menunjukkan kelompok tersebut masih memiliki kemampuan rudal, hampir sembilan bulan setelah serangan Israel yang bertujuan menghilangkan ancaman tersebut.

Di beberapa lingkungan di sebelah timur Khan Yunis, selatan Gaza, dia mengatakan dia menerima pesan audio dari nomor telepon Israel yang memberitahu mereka untuk meninggalkan rumah mereka.

“Demi keselamatan Anda, Anda harus segera mengungsi ke wilayah kemanusiaan,” tulis juru bicara militer Avichai Adraee X dalam imbauan kepada warga dan pengungsi yang tinggal di wilayah tersebut melalui platform media sosial.

Reuters melaporkan pada Selasa (7/2/2024) bahwa beberapa orang percaya hal ini bisa berarti pasukan Israel akan kembali ke wilayah yang mereka tinggalkan beberapa minggu lalu.

Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa roket telah ditembakkan dari daerah Khan Younis.

Baca juga: Prancis-Yordania Minta Israel Cabut Pembatasan Bantuan ke Gaza

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel mendekati tujuan menghancurkan potensi militer Hamas.

“Operasi yang tidak terlalu intens akan terus berlanjut. Kita mendekati akhir fase penghancuran tentara Hamas dan akan ada serangan terus menerus terhadap sisa-sisanya,” kata Netanyahu.

Kekerasan juga berkobar di Tepi Barat yang diduduki Israel pada hari Senin, dimana Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan operasi yang dilakukan tentara Israel menewaskan seorang wanita dan seorang anak di kota Tulkarim.

Sehari sebelumnya, seorang anggota “Jihad Islam” tewas di daerah yang sama akibat serangan Israel.

Militan di berbagai wilayah Gaza terus menyerang tentara Israel di wilayah yang ditinggalkan tentara beberapa bulan lalu.

Untuk hari kelima, tank-tank Israel memperdalam serangan mereka di pinggiran Shejaya, sebelah timur Kota Gaza, dan maju ke barat hingga ke pusat Rafah, selatan Gaza, dekat perbatasan dengan Mesir.

Tentara Israel mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah membunuh beberapa pejuang selama pertempuran di kota Shejaiya dan menemukan sejumlah besar senjata di sana.

Baca juga: 68.000 orang Jepang diperkirakan meninggal sendirian di rumah pada tahun 2024

Hamas mengatakan para pejuangnya memancing tentara Israel ke sebuah rumah yang dipenuhi bom di sebelah timur Rafah dan meledakkannya, sehingga menimbulkan korban jiwa.

Tentara Israel mengumumkan tanpa memberikan rincian bahwa seorang tentara telah terbunuh di Gaza selatan.

Radio Angkatan Darat Israel, mengutip sebuah insiden yang dilaporkan oleh organisasi Jihad Islam, mengatakan tentara itu terbunuh di sebuah rumah yang terjebak dalam jebakan di Rafah. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top