Apakah Anda Menderita Penyakit Autoimun? Ini Ciri-cirinya…

virprom.com – Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda terlalu aktif sehingga menyebabkannya menyerang dan merusak jaringan tubuh Anda.

Mengutip WebMD, sistem kekebalan tubuh Anda biasanya menghasilkan protein yang disebut antibodi yang melindungi Anda dari zat berbahaya seperti virus, sel kanker, dan racun.

Baca juga: Penyakit autoimun yang sering menyerang wanita dan gejalanya

Pada penderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan sel yang menyerang dan sel yang sehat.

Para ahli telah mengidentifikasi lebih dari 100 jenis penyakit autoimun tergantung di mana penyakit tersebut muncul, seperti kulit, persendian, saraf yang melapisi usus, dan pankreas.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari tentang gejala penyakit autoimun.

Baca juga: Jenis Penyakit Autoimun yang Lebih Sering Menyerang Wanita

Mengutip Cleveland Clinic, gejala penyakit autoimun yang diklasifikasikan berdasarkan jenisnya adalah:

Pada penyakit autoimun pada sendi dan otot, gejalanya adalah: nyeri otot, nyeri sendi, kekakuan dan pembengkakan, kelemahan otot, peradangan.

Gejala penyakit autoimun pada sistem pencernaan meliputi: sembelit gas, sakit perut, refluks asam, mual, kepekaan terhadap makanan, darah atau lendir pada tinja.

Baca juga: Apa yang Dirasakan Penderita Penyakit Autoimun? Ini adalah ikhtisar…

Gejala penyakit kulit autoimun ini antara lain: ruam, gatal, mata, mulut kering, peradangan, rambut rontok, kulit kering.

Gejala penyakit autoimun pada sistem saraf antara lain: Pusing, Sakit kepala, Kecemasan dan depresi, Kebingungan dan kesulitan berpikir, Penglihatan kabur, Insomnia, Masalah memori, Migrain, Sakit kepala ringan, Mati rasa dan kesemutan.

Baca juga: Tanda-tanda Masalah Kulit pada Penderita Penyakit Autoimun

Gejala penyakit autoimun lainnya meliputi: kelelahan, nyeri, demam, nyeri dada, pembengkakan kelenjar, penambahan atau penurunan berat badan, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, sesak napas, kepekaan terhadap suhu.

Meskipun terdapat berbagai jenis penyakit autoimun, banyak di antaranya yang memiliki gejala yang sama.

Dikutip dari Hopkins Medicine, tanda-tanda umum penyakit autoimun antara lain: kelelahan, nyeri sendi dan pembengkakan, masalah kulit, sakit perut atau masalah pencernaan, demam berulang, dan pembengkakan kelenjar.

Mendiagnosis penyakit autoimun bisa jadi sulit karena gejala ini bisa disebabkan oleh kondisi umum lainnya.

Belum jelas apa penyebab atau penyebab penyakit autoimun. Perawatan yang diperlukan biasanya berfokus pada penurunan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tanda Peringatan Penyakit Autoimun Yang Harus Diwaspadai. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top