Apa yang Dimaksud Sindrom Anak Tunggal, Benarkah Mereka Selalu Egois?

virprom.com – Anda mungkin pernah mendengar bahwa anak sulung adalah anak yang suka memerintah dan suka memerintah, anak tengah adalah pemberontak, dan anak bungsu selalu mendapatkan apa yang diinginkannya.

Tapi apakah ini benar? Ternyata semua stereotip dan penyederhanaan tersebut tidak selalu benar. 

Selain itu, ada pula anggapan mengenai anak tunggal. Menurut teori “sindrom anak tunggal”, tidak memiliki saudara kandung bisa membuat seseorang menjadi unik.

Tentu saja jumlah saudara kandung yang dimiliki seseorang dapat mempengaruhi kepribadiannya, namun sejauh mana? Dan apa artinya penyakit anak saja, dan apakah gagasan ini tepat? 

Baca juga: Melatih Anak Tunggal Mudah Bersosialisasi dan Berbagi Apa Penyakit Anak Tunggal?

Menurut Kristie Tse, LMHC, psikiater dan pendiri Uncover Mental Health Counseling, penganiayaan anak mengacu pada gagasan bahwa anak tunggal cenderung memiliki serangkaian sifat negatif tertentu, seperti egois atau keras kepala.

Ide ini dimulai pada tahun 1896, ketika psikolog anak Amerika G. Stanley Hall menerbitkan hasil survei nasional. 

Berdasarkan temuannya, anak tunggal mempunyai daftar panjang gejala negatif yang membuatnya mengatakan bahwa menjadi anak tunggal merupakan “masalah” tersendiri. Tak perlu dikatakan lagi, karyanya kini dipandang kontroversial.

Selama 50 tahun terakhir, psikolog anak telah menantang dan membantah banyak keputusan Hall. Menurut mereka, apa yang ditulis Hall sama sekali tidak benar. Gejala umum hanya terjadi pada anak-anak

Namun menurut para ahli medis, ada banyak ciri umum anak tunggal: 1. Kemandirian

Para ahli mengatakan bahwa hanya anak-anak yang mandiri secara alami. Lagi pula, mereka tidak mempunyai saudara kandung untuk tinggal bersama, belajar atau meminta bantuan.

Hasilnya, mereka belajar mengambil tanggung jawab secara mandiri, jelas Catherine Nobile, PsyD, psikolog klinis dan direktur Nobile Psychology.

“Sebagai anak tunggal, saya bisa membuktikan betapa dalamnya harga diri dan kemandirian yang sering tumbuh tanpa saudara,” tambah Tse. “Pengalaman pribadi saya juga membentuk empati dan pemahaman saya dalam pendekatan terapeutik saya.”

Baca juga: 5 Kelebihan Kakak Beradik Dibandingkan Anak Tunggal 2. Kreatifitas

Karena mereka adalah satu-satunya anak yang tidak memiliki saudara kandung untuk diajak bermain, mereka pasti akan bahagia.

Hasilnya, anak tunggal seringkali lebih kreatif dan memiliki ide yang lebih jelas, kata Natalie Rosado, LMHC, pakar kesehatan mental di aplikasi perawatan diri wanita Sanity & Self.

Bagaimanapun, hanya anak-anak yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat dan moral yang kuat,” tambah Nobile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top