Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Terus Lanjut

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN) akan tetap berjalan meski ketua dan wakil ketua badan IKN mengundurkan diri.

Pengumuman tersebut disampaikan Jokowi dalam unggahan di akun resmi X di media sosial @jokowi, Senin malam (3/6/2024).

“Hari ini saya menerima keputusan presiden (Kepres) tentang pengunduran diri dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Pengelola Modal Kepulauan (OIKN) dan Bapak Dhoni Rahajo dari jabatan Wakil Ketua OIKN,” ujarnya. Jokowi.

“Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai dengan visi umum yang telah ditetapkan,” tulisnya lagi dengan penuh penekanan.

Baca Juga: Mundurnya Pimpinan Kekuasaan IKN, Hasto PDI-P: Bagian dari Perencanaan yang Belum Selesai

Jokowi juga menyatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ini dan Wakil Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni akan menjalankan tugasnya. Pj Ketua dan Wakil Ketua PKS.

Keduanya akan menjabat sebagai penjabat ketua IKN sampai dengan diangkatnya ketua dan wakil ketua badan IKN yang asli sesuai undang-undang.

Oleh karena itu, program percepatan pengembangan IKN tetap terjamin, kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta Pj Ketua Otoritas Ibu Kota Kepulauan (IKN) Basuki Hadimuljono dan Pj Wakil Ketua Otorita IKN Raja Julie Antoni memastikan percepatan pembangunan IKN.

Baca juga: Kepala Badan dan Wakil Kepala IKN Mundur, Gaji Capai Rp 172 Juta

Hal itu disampaikan Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno usai mengumumkan pelantikan Basuki dan Raja Juli sebagai Pj Ketua IKN dan Pj Wakil Ketua IKN.

Jadi beliau berharap Pak Presiden memanggilnya, Menteri PUPR, Wakil Menteri ATR/BPN dipanggil Pak Presiden, makanya segera diangkat menjadi Plt untuk memastikan pembangunan IKN dipercepat semaksimal mungkin. .,” kata Pratikno di Kantor Presiden, Jakarta. Senin.

“Dengan visi pertama yaitu konsisten dengan rencana Nusa Rimba Raya dan tentunya juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar,” tegasnya kembali.

Pratikno saat itu juga mengabarkan, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden yang memberhentikan Bambang Susantono dan Dhoni Rahajo dengan hormat sebagai Ketua IKN dan Wakil Ketua IKN.

Baca juga: Basuki Sebut Rencana Kantor IKN Jokov Tetap Sesuai Jadwal Meski Perdana Menteri Mundur

Bersamaan dengan keputusan presiden tersebut, Menteri PUPR Basuki Khadimuljono dilantik sebagai Pj Ketua Badan IKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Julie Antoni dilantik sebagai Pj Wakil Ketua Badan IKN.

Penunjukan tersebut menyusul pengunduran diri resmi Bambang Susantono dan Dhoni Rahajo yang menjabat hingga 2027.

Diketahui, Bambang Susantono dan Dhoni Rahajo dilantik Presiden Jokowi sebagai Ketua Badan IKN dan Wakil Ketua Badan IKN pada 10 Maret 2022.

Keduanya akan dilantik pada 2022-2027. Jadi kedua tokoh tersebut bekerja kurang lebih dua tahun sejak diangkat hingga mengundurkan diri.

Baca juga: Jokowi Kunjungi Kaltim Usai Ketua dan Wakil IKN Mundur Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top