Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit

virprom.com – Air beras telah lama digunakan dalam tradisi kecantikan Asia. Air beras dipercaya dapat menutrisi rambut, mencerahkan dan melembabkan kulit.

Air beras dibuat dengan merendam beras minimal 60 menit. Beberapa orang juga memilih sisa air dari nasi yang hampir matang.

“Air membantu melepaskan berbagai vitamin dan mineral serta zat lain yang terkandung dalam beras,” kata dokter kulit Blair Murphy-Rose, dikutip dari womenshealthmag.com.

Air fermentasi juga dapat memecah komponen molekuler sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Air ini juga lembut sehingga jarang menimbulkan reaksi alergi.

Selain vitamin dan mineral, air beras juga mengandung asam amino dan antioksidan. Namun hal ini belum dibuktikan oleh penelitian.

Kegunaan air beras bermacam-macam, mulai dari keramas, mencuci muka, hingga memeras masker.

Baca juga: Manfaat air beras untuk rambut dan kegunaannya

Beberapa manfaat air beras untuk kecantikan adalah:

– Mengurangi flek hitam pada kulit. Air beras juga mengandung asam kojic yang banyak digunakan untuk mencerahkan kulit. Manfaat kojic acid ini adalah mengurangi produksi melamin yang artinya dapat mengurangi flek hitam atau hiperpigmentasi pada kulit.

– Air beras yang melembapkan mengandung allantoin yang membantu melembabkan kulit.

– Melindungi dari radikal bebas Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam air beras dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Namun menurut Murhpy-Rose, cara utama melindungi kulit dari sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya.

– Sebuah studi anti penuaan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa air beras menghambat aktivitas elastase, yaitu enzim yang memecah serat elastis. Efek enzim ini dapat menyebabkan kulit keriput.

– Menyembuhkan jerawat, air beras mengandung zat anti inflamasi dan menenangkan kulit. Oleh karena itu, buang air besar sangat ideal untuk mengatasi eksim berulang atau kulit berjerawat.

Baca juga: Penyebab mudah memar tanpa sebab

Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top