Oli Mesin Mobil Punya Peran Penting, Jangan Sampai Salah Pilih

SUKOHARJO, virprom.com – Mengganti oli mesin selalu menjadi cara mendasar dalam merawat mobil karena hampir semua penggunanya melakukannya.

Hanya saja sebagian besar pengguna belum memahami fungsi oli mesin selain untuk menjaga komponen tetap awet. Rupanya minyak ini juga menentukan tenaga yang dihasilkan.

Dengan kata lain, semakin tinggi kadar oli mesin yang digunakan, maka semakin besar kemungkinannya untuk meningkatkan performa mesin.

Baca juga: Jangan Sepelekan Ini, Ini Akibat Terlambat Ganti Oli Mesin

Muchlis, Pemilik Toyota Mitsubishi Auto Service Sukoharjo, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan, dealer kerap memberikan rekomendasi soal oli mesin.

Pada Kamis (30/5/2024), Muchlis mengatakan kepada virprom.com: “Dalam hal ini dealer resmi tidak memaksakan satu jenis oli motor, tapi beberapa pilihan mulai dari standar hingga kualitas, tujuannya konsumen yang memilih.” ).

Muchlis mengatakan, standar oli mesin yang direkomendasikan dealer tentu bukan yang terbaik dalam menjaga performa karena masih banyak pilihan.

Baca juga: Perlukah Cek Kualitas Oli Mesin Mobil di Laboratorium?

“Oli normal memang murah, tapi kualitasnya biasa saja, saya tidak bilang jelek, tapi saran saya kepada pembeli yang ingin performa lebih, naikkan grade olinya,” kata Muchlis.

Muchlis mengatakan setiap produsen mobil sudah meneliti oli motor mana yang cocok untuk kendaraan yang mereka buat. Namun, spesies tersebut tidak terkait dengan jenis minyak yang sama.

“Mobil yang sama bisa menggunakan oli mesin yang banyak, saran yang biasanya diberikan oleh diler adalah penggunaan yang wajar atau aman dari segi keekonomian,” kata Muchlis.

Baca juga: Tanpa Lakukan Uji Laboratorium, Berikut Cara Mudah Mengecek Kualitas Oli Mesin Mobil Anda

Muchlis mencontohkan oli mesin standar yang direkomendasikan dealer resmi untuk Toyota Raize, yakni TMO 10W-40, namun mobil ini bisa saja menggunakan pilihan oli TMO 5W-30, 0W-20, dan 0W-16 yang lebih baik.

Muchlis mengatakan, “Berdasarkan riset nasional, oli motor premium dapat meningkatkan performa sebesar 1 persen untuk setiap tingkat tenaga suatu mesin dibandingkan oli konvensional, sehingga dengan penggunaan TMO 0W-16 dapat meningkatkan tenaga hingga 3,3%”.

Jadi konsumen tidak boleh terpaku pada satu jenis oli yang direkomendasikan penjual karena bisa jadi oli tersebut bukan oli bagus namun kualitasnya biasa saja. Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top