Lebih dari 200 Monyet Howler di Meksiko Mati Akibat Gelombang Panas

Mexico City, virprom.com – Sedikitnya 234 monyet yang terancam punah telah mati di hutan tropis di negara bagian Tabasco di tenggara Meksiko, kata organisasi nirlaba konservasi satwa liar Cobies, Senin (24/6/2024). 

Angka tersebut hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan bulan lalu, dan hal ini disebabkan oleh gelombang panas nasional.

Lebih dari 200 kematian tersebut hanya terjadi di wilayah yang diteliti oleh Kelompok Konservasi Margasatwa Meksiko, dan kelompok tersebut mengatakan jumlah sebenarnya mungkin lebih tinggi.

Baca juga: 234 Howler Meninggal di Meksiko Akibat Cuaca Panas

Media lokal melaporkan bahwa setidaknya 85 burung howler meninggal pada bulan Mei ketika suhu melebihi 45 derajat Celcius (113 derajat Fahrenheit) karena musim hujan mengeringkan waduk di negara tersebut. 

Meskipun hujan mulai turun di seluruh negeri, Kobius mengatakan dalam sebuah pernyataan di media sosial bahwa ini bukan keputusan darurat tetapi akan memberikan waktu untuk menerapkan langkah-langkah konservasi yang konkret.

Ketika negara bagian Tabasco menghadapi suhu yang luar biasa tinggi, Kobius mengatakan populasi burung ini menderita akibat perburuan liar, penggundulan hutan yang berlebihan, degradasi habitat, persaingan untuk mendapatkan ruang dan penyakit-penyakit baru yang ditularkan oleh manusia dan hewan peliharaan.

“Faktor-faktor ini, dikombinasikan dengan suhu tinggi, menyebabkan tekanan panas, yang menyebabkan peradangan parah dan, yang paling penting, respons sistem kekebalan tubuh menjadi tidak efektif,” tambah Kobius.

Beberapa monyet yang diteliti menderita radang paru-paru atau pneumonia setelah menghirup asap kebakaran hutan. 

Baca juga: Mati Monyet Tenggelam di Sumur Akibat Gelombang Panas di India

Mantle howler di Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia, dan Ekuador terakhir kali diklasifikasikan sebagai Rentan oleh Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), yang melakukan penilaian global pada tahun 2015. Lihat berita terkini dan berita unggulan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top