Temui Jokowi, Majelis Rakyat Papua Minta Bupati hingga Wali Kota Diisi Orang Asli Papua

JAKARTA, virprom.com – Majelis Rakyat Papua (MRP) meminta agar sosok bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota Papua diisi oleh orang asli Papua (OAP) terkait pelaksanaan Pilkada 2024. pemilihan umum (Pilkada).

Permintaan itu disampaikan pimpinan MRP se-Papua usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

“Tadi kami sampaikan, besok kami minta pemilu serentak, bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, kami minta masyarakat adat di Papua,” kata Ketua MRP Papua Tengah sekaligus Koordinator DPR tersebut. MRP di seluruh Papua. Agustinus Anggaibak, Rabu.

Ia mengatakan Papua telah menjadi daerah otonom khusus berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021, Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Baca juga: Temui Jokowi, Majelis Rakyat Papu Minta Kabupaten Mimika Diperluas

Melalui otonomi khusus, penyaluran anggaran dilakukan pemerintah pusat langsung ke daerah kabupaten/kota, tidak lagi melalui provinsi.

“Jadi kami mohon kepada Pak Presiden, Pak Menteri agar bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur adalah orang asli Papua. Dan kita berharap semua itu bisa diperhatikan dan presiden serta jajarannya bisa memberikan pendapat. ,” dia berkata. .

Di sisi lain, pertemuan ini juga membahas perlunya kewenangan khusus Majelis Rakyat Papua Selatan (MRPS), pasca otonomi khusus (otsus) jilid II.

Baca Juga: Temui Jokowi, MPR Papu Janji Bangun Istana di Jayapura

Tujuannya agar dapat melaksanakan otonomi khusus yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah sesuai amanat UU Otsus.

Oleh karena itu, para kepala daerah tidak boleh menggunakan anggaran otsus ini sesuka hati dan tidak memberikan pengaruh terhadap masyarakat kecil, kata Agustinus.

Adapun bentuk kewenangan khusus yang akan diberikan, ia serahkan pada kebijaksanaan pemerintah pusat.

“Jadi, izin apa yang diberikan pemerintah nanti tergantung peraturan yang akan dikeluarkan pemerintah nanti. otonomi khusus,” ujarnya.

Baca Juga: Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo Lantik 33 Anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Selatan Simak langsung berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top