Tanggal 25 Juni 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 25 Juni 2024 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai hari lahir BJ Habibie.

Selain itu, ada hal lain yang perlu diingat dan dirayakan di hari ini. Berikut ini banyak kenangan yang jatuh di hari ulang tahun BJ Habibie 25 Juni 2024

Bacarudin Jusuf Habibie atau populer dengan sebutan BJ. Habibie adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Ia dilahirkan pada tanggal 25 Juni 1936 di Pare Pare.

Beliau merupakan orang Indonesia yang namanya dikenal di seluruh dunia karena kecerdasannya, khususnya di bidang teknologi. 

Menurut situs resmi Museum Kepresidenan Indonesia, Habibie merupakan orang yang berhasil menemukan teori crack Progression atau teori Habibie.

Tutorial ini menjelaskan dasar-dasar mematahkan sayap dan badan pesawat. Konsep yang diciptakannya mampu menghitung letak dan ukuran retakan pada struktur pesawat.

Meski hanya bertahan setahun, kepemimpinan Habibie di Republik Indonesia merupakan langkah awal menuju keterbukaan demokrasi di Indonesia. 

Ia mengesahkan tiga undang-undang demokrasi, yakni UU No. 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik, UU No. 3 Tahun 1999 tentang Pemilu dan UU No. 4 Tahun 1999 tentang Kedudukan MPR/DPR.

Ketiga undang-undang ini membuka langkah awal menuju demokratisasi Indonesia dan membuka jalan bagi pemilu tahun 1999.

Tanggal 25 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pelaut Sedunia. 

Hari Pelaut Sedunia ditetapkan berdasarkan resolusi yang diadopsi pada konferensi diplomatik di Manila pada tahun 2010 untuk meratifikasi Konvensi STCW yang telah direvisi.

Tujuan dari hari ini adalah untuk mengakui kontribusi unik para pelaut dari seluruh dunia terhadap perdagangan maritim internasional, perekonomian global dan masyarakat sipil pada umumnya.

Setiap tahunnya peringatan ini akan mengusung tema berbeda.

Berdasarkan situs resmi Organisasi Maritim Internasional (IMO), pada tahun 2024 kampanye ini akan fokus pada peran pelaut dalam menjadikan sektor maritim sebagai tempat bekerja yang lebih baik.

Mereka ingin lebih banyak orang mengetahui tentang keselamatan yang lebih baik di laut. 

Baca juga: Solidaritas Pelaut Indonesia Tuntut Penghapusan Supremasi Militer di STIP di Hari Vitiligo Sedunia

Hari Vitiligo Sedunia diperingati setiap tanggal 25 Juni.

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan perubahan warna kulit yang ditandai dengan bercak putih. Penyebab vitiligo adalah tertekannya sel-sel yang memproduksi pigmen.

Pada tahun 1940-an, ditemukan bahwa vitiligo mungkin disebabkan oleh faktor genetik. Salah satu bintang terkenal yang mengidap penyakit ini adalah Michael Jackson.

Tanggal 25 Juni dipilih untuk menghormati mendiang Michael Jackson yang meninggal pada tanggal 25 Juni 2009. Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top