Berikan Dampak Perekonomian, Pertamina Pastikan Hadir di MotoGp Grand Prix of Indonesia 2024

virprom.com – Pertamina dipastikan akan kembali menggelar ajang yang meliputi Pertamina Grand Prix Indonesia (MotoGP) 2024 dan Asian Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Selain sebagai ajang olahraga sepeda motor, kompetisi ini juga terbukti memberikan dampak bagi perekonomian khususnya masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dampak tersebut berupa meningkatnya minat terhadap pariwisata dan kontribusi terhadap perekonomian warga Lombok, baik bagi pengusaha lokal maupun perekonomian lokal.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam jumpa pers Pertamina Grand Prix Indonesia 2024 di Jakarta, Sabtu (22/6/2024), mengatakan penampilan Pertamina Grand Prix Indonesia-MotoGP 2024 dan ARRC bukan satu-satunya ajang. adalah acara balap.

Menurut Menteri Erick, ajang global ini juga menjadi peluang besar bagi sport pariwisata Indonesia yang berpotensi menjadi sumber bantuan luar negeri yang penting bagi negara.

Baca juga: Indonesia Pertamina Grand Prix 2023 Dongkrak Sektor Pariwisata Lombok

 

Beberapa tahun terakhir, Pertamina Mandalika International Raceway terbukti mampu meningkatkan brand bangsa Indonesia di kancah internasional dan berkontribusi mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

“Kami mempunyai peluang untuk menarik perhatian dunia sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat dan perekonomian lokal serta mengukuhkan posisi Mandalica sebagai ‘Ultimate Sports Destination of a Lifetime’,” kata Erick.

Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix Indonesia-MotoGP tidak hanya menjadi ajang balap motor, tapi juga menjadi kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya Mandalika, sebagai destinasi olahraga global, kata Erick dalam siaran persnya. relaksasi, Sabtu.

Deputy CEO PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro mengatakan balapan MotoGP 2023 mengukir sejarah di Mandalica dengan total penonton sebanyak 103.000 orang. 

Hal ini terkait langsung dengan bertambahnya 50 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pertamina senilai Rp700 juta yang mengikuti ajang internasional tersebut.

“Pada tahun 2024, Pertamina masih memiliki lebih dari 50 UKM dan diharapkan dapat berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian daerah dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Wiko.

Baca juga: Tenaga Lokal Berkontribusi Sukseskan GP Pertamina 2023 di Indonesia

Wiko melanjutkan, kolaborasi yang dilakukan Pertama merupakan wujud komitmennya membawa motorsport bertaraf internasional ke Indonesia. Kami berharap hal ini dapat membuka peluang bagi perkembangan perusahaan di tingkat global, serta mendukung pertumbuhan perekonomian nasional di masa depan.

Selain itu, Pertamina melalui perusahaannya Pertamina Lubricants juga mengikuti MotoGP sebagai partner tim VR46 Racing yang diberi nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kemitraan kelas dunia ini merupakan langkah Pertamina untuk tetap menjadi pemain utama di dunia otomotif internasional. Kemitraan ini sekaligus menjadi bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi sangat percaya dengan kualitas internasional dari Pertamina Enduro.

“Tim VR46 Racing merupakan tim balap milik Valentino Rossi. Kerja sama antara VR46 dan Pertamina akan dimulai pada tahun 2024 hingga 2026 (3 tahun) dan produk andalan Pelumas Pertamina yaitu Pertamina Enduro,” jelas Wiko.

Vice President (VP) Corporate Communications PT Pertamina (Persero) ini juga menambahkan, pada tahun 2024 ini selain menjadi tuan rumah, Pertamina juga akan mengikuti ajang MotoGP dengan diikuti oleh Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

“Kami mendukung penuh perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika bersama Tim MotoGP kebanggaan Pertamina Enduro VR46 Racing. Kami berharap bisa meraih hasil terbaik di Mandalika nanti,” jelas Fadjar.

Baca juga: Tim Balap Pertamina Enduro VR46 Mengenakan Livery Putih Kuning

Sekadar informasi, Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transmisi energi terus mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060.

Seluruh upaya tersebut dilandasi oleh penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top