Lupa Password 10 Tahun, Komputer Berisi Bitcoin Rp 48 Miliar Akhirnya Bisa Dibuka

virprom.com – Dompet digital (e-wallet) berisi 43,6 unit (kini bernilai sekitar Rp 48,7 miliar) mata uang kripto (cryptocurrency) Bitcoin yang terkunci di komputer selama sepuluh tahun akhirnya berhasil dibuka.

Lusinan bitcoin milik seorang pria di Eropa yang menggunakan nama samaran “Michael”. Setelah berhasil membuka kunci dompet elektronik, dua peneliti dunia maya, yang biasanya memecahkan kumpulan kata sandi digital, meminta bantuan Joey Grande dan Bruno.

Michael belum bisa membuka e-wallet tersebut sejak tahun 2013 karena lupa password dompet digitalnya. Dia sebenarnya membuat kata sandi ini menggunakan pengelola kata sandi RoboForm. 

Baca Juga: Lupa Password, Pria Ini Tak Bisa Akses Bitcoin Rp 3,1 Triliun

Informasi kata sandi e-wallet Michael yang terdiri dari 20 karakter juga disimpan dengan aman dalam file menggunakan perangkat lunak TrueCrypt.

Namun, file tersebut rusak, sehingga kata sandi terenkripsi tidak dapat diakses. Awalnya Joe membantu Michael

Pencarian seseorang yang bisa membantu meretas dompet elektronik Michael dimulai beberapa tahun lalu. Pada tahun 2022, dia meminta peneliti dunia maya Joe Grand untuk membantunya memecahkan masalahnya. 

Seorang hacker adalah orang yang biasanya meneliti sistem peretasan di Internet, termasuk kata sandi, sistem perangkat keras, dan metode pembobolannya. Pada tahun 2022, Joe membantu seseorang mendapatkan akses ke e-wallet yang berisi cryptocurrency sekitar 2 juta USD atau senilai Rp 32,5 miliar.

Baca juga: Trading Bitcoin Rugi Rp 1 Triliun

Mengenai permintaan Michael, awalnya Joe menolak karena menurutnya masalah yang dialami Michael tidak mungkin terselesaikan. Namun pada Juni 2023, Joe bersama rekannya Bruno setuju membantu Michael.

Joe meneliti dan menggunakan beberapa versi RoboForm untuk melihat cara kerja pengelola kata sandi ini. Setelah penyelidikan lebih lanjut, ditemukan bahwa RoboForm menghasilkan kata sandi dengan mencatat tanggal pengguna meminta pengelola kata sandi untuk membuat kata sandi.

Masalah lain pun muncul yaitu Michael lupa berapa banyak password yang dibuatnya di RoboForm. Jadi, Joe dan Bruno perlu memasukkan tanggal atau bulan berdasarkan aktivitas terakhir Michael di e-wallet, yaitu 14 April 2013. Namun, tanggal tersebut tidak berarti Michael membuat kata sandi baru di RoboForm pada hari sebelumnya .  Pencocokan tanggal telah dicoba beberapa kali

Joe dan Bruno kemudian mencoba mengakses dompet elektronik tersebut beberapa kali antara tanggal 1 Maret dan 20 April 2013, menggunakan kombinasi kata sandi dengan tanggal dan waktu. Gagal dan berlangsung dari 20 April – 1 Juni 2013. 

Akhirnya, Joe dan Grand berulang kali menghubungi Michael tentang aktivitas dan tanggalnya di dompet digitalnya pada pertengahan tahun 2013, dan pada bulan November 2023, mereka dapat menemukan kata sandi dompet elektronik Michael, yang berisi lebih dari selusin bitcoin.

Baca Juga: WhatsApp Terkena Lupa Kata Sandi

“Kami beruntung, kami mengatur parameter waktu ke angka yang tepat. Jika tidak, kami mungkin akan menebak kata sandinya tidak dapat dipahami,” kata Joe, seperti dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, Senin. ).

Michael pun mengucapkan terima kasih kepada Joe dan Bruno serta memberi mereka sebagian dari Bitcoin milik mereka. Ia pun bersyukur karena lupa kata sandi dompet digitalnya. Karena jika dia masih ingat, dia mungkin akan mencairkan semua bitcoinnya pada tahun 2013.

Pada tahun 2013, 43,6 bitcoin bernilai sekitar 5.300 dolar AS atau Rp 86,1 juta. Namun kini hingga akhir Mei 2024, nilai 43,6 bitcoin telah meningkat menjadi $2,95 juta atau sekitar $48,7 miliar. 

“Lupa kata sandi adalah keuntungan finansial bagi saya,” canda Michael, karena dia kini tiba-tiba menjadi kaya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top