Prabowo Terbang ke Sumbar dari Qatar, Cek Korban Banjir dan Beri Bantuan

JAKARTA, virprom.com – Presiden terpilih 2024-2029 dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengecek korban banjir di beberapa tempat di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5/2024).

Prabowo langsung terbang ke Sumatera Barat setelah sebelumnya sempat menjalankan misi di Uni Emirat Arab dan Qatar.

“Saat perjalanan bisnis ke Uni Emirat Arab dan Qatar, saya mendapat informasi adanya bencana banjir di Sumatera Barat. Saya memutuskan untuk langsung meninggalkan Doha dan berangkat ke Padang, Sumatera Barat, untuk memberikan bantuan, melihat situasi saudara-saudara kita di sana, dan menghubungi seluruh pejabat pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam penanggulangan bencana, kata Prabowo dalam keterangannya.

Baca juga: Korban Banjir Lahar di Sumbar Sejak 16 Mei: 67 Orang Meninggal, 20 Warga Hilang

Prabowo menyampaikan belasungkawa atas tragedi yang menimpa masyarakat Sumbar.

Ia menegaskan, pihaknya akan membantu masyarakat terdampak banjir.

“Saya menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang meninggal dan mereka yang meninggal. Saya datang untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Kementerian Pertahanan dan departemen lainnya. Kami juga akan membantu,” ujarnya.

Setelahnya, Prabowo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Bantuan yang disalurkan Prabowo antara lain 20 ton beras, 1.000 paket obat-obatan, 10.000 dus mie, dan 600 pasang sepatu.

Baca Juga: Sumbar Berstatus Darurat Tanggap Bencana Hingga 26 Mei 2024

Bantuan ini diangkut dengan 17 kendaraan serta berisi 3.000 lembar selimut dan 3.000 bungkus perlengkapan mandi.

“Kami memahami negara kami rawan bencana, sekali lagi kami turut berbela sungkawa dan berdoa kepada Tuhan agar diberikan kekuatan. Kami bekerja sama untuk memulihkan keadaan secepatnya,” tambah Prabowo.

Informasi, banjir besar bercampur lahar melanda Tanah Datar, Agam, dan Padang Panjang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 67 orang, 20 orang hilang, dan 44 lainnya luka-luka. Dengarkan langsung berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top