Hamas dan Jihad Islam Nyatakan Siap Capai Kesepakatan untuk Akhiri Perang Gaza

DOHA, virprom.com – Hamas dan kelompok Jihad Islam mengeluarkan pernyataan bersama pada Selasa (6 November 2024) menanggapi usulan gencatan senjata Israel di Gaza.

Mereka menyerukan diakhirinya serangan Israel terhadap tanah Palestina.

“Respon ini mengutamakan kepentingan rakyat Palestina dan menekankan perlunya diakhirinya agresi yang sedang berlangsung di Gaza,” kata Hamas dan Jihad Islam dalam pernyataan bersama, menurut AFP.

Baca Juga: Isi Proposal Gencatan Senjata Israel 3 Fase Baru yang Diumumkan Biden

Mereka kemudian mengumumkan kesediaannya untuk berpartisipasi positif dalam mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang di Gaza.

Amerika Serikat, Qatar dan Mesir telah terlibat dalam negosiasi mengenai rincian gencatan senjata di Gaza selama berbulan-bulan.

Pada Senin (6 Oktober 2024), Dewan Keamanan (SC) PBB menyetujui rancangan resolusi AS mengenai rencana gencatan senjata di Jalur Gaza.

Proposal tersebut, pertama kali diumumkan bulan lalu oleh Presiden AS Joe Biden, adalah untuk menerapkan gencatan senjata enam minggu dan penyanderaan yang diusulkan oleh Israel.

Qatar dan Mesir mengumumkan pada Selasa malam bahwa mereka telah menerima tanggapan dari kelompok Palestina terkait hal ini.

Mereka kemudian menekankan bahwa upaya mediasi bersama dengan AS akan terus berlanjut hingga tercapai kesepakatan.

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB Setujui Rancangan Resolusi Gencatan Senjata Gaza PBB: Banyak pihak menyerukan Hamas untuk menerapkan gencatan senjata di Gaza tanpa syarat saat jamaah AS berdoa agar gencatan senjata di Gaza segera…

Sebuah sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut mengatakan kepada AFP bahwa amandemen dilakukan terhadap struktur yang diusulkan sebagai tanggapan atas tanggapan Hamas.

“Tanggapan yang diberikan termasuk amandemen terhadap usulan Israel, termasuk jadwal gencatan senjata permanen dan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza,” kata sumber tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya karena sensitifnya pembicaraan tersebut.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top