Sakit Gangguan Irama Jantung, Bolehkah Olahraga?

virprom.com – Meski aritmia atau gangguan irama jantung bisa menimbulkan keterbatasan, bukan berarti pasien harus menghindari aktivitas fisik.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Alexandra Gabriella menyarankan penderita aritmia untuk terus berolahraga.

“Sebagai penderita gangguan irama jantung, bukan berarti tidak bisa berolahraga, justru harus berolahraga. “Olahraga sesuai kemampuan tubuh dapat melatih kapasitas jantung,” jelas diskusi media bersama RS Pondok Indah Group di Jakarta, Jumat (6/7/2024).

Aritmia juga memiliki jenis dan tingkat keparahannya masing-masing, sehingga pada beberapa kasus, olahraga tidak menjadi masalah.

Baca juga: Pingsan Mendadak Bisa Jadi Gejala Gangguan Irama Jantung

Meski demikian, tetap konsultasikan ke dokter spesialis jantung.

“Untuk semua pasien gangguan jantung, anjurannya 3 sampai 5 kali seminggu. Dengan durasi 30 menit untuk olahraga. Resep olahraganya dari tes treadmill,” kata dr Gabi.

Pasien akan diminta berjalan di atas treadmill dan selanjutnya akan dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan tubuh dalam berolahraga. Dokter kemudian akan memberi Anda resep olahraga atau olah raga yang aman.

Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga aerobik ringan dan nonkompetitif.

“Seperti bersepeda, jalan kaki atau lari, dan berenang diperbolehkan. Jadi bukan olahraga kompetitif,” ujarnya.

Olahraga kompetitif, seperti tenis atau sepak bola, pada pasien dengan gangguan jantung serius dapat mengaktifkan hormon adrenalin dan bahkan membuat jantung bekerja lebih keras.

Jika Anda seorang atlet yang berisiko mengalami aritmia, jangan khawatir tidak bisa berolahraga lagi.

Dokter akan melakukan tes treadmill untuk mengetahui bagaimana respons jantung selama aktivitas fisik.

Baca juga: Lari di Treadmill atau Outdoor, Mana yang Lebih Efektif Bakar Kalori? Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top