Motuba Boleh Pakai Oli Mesin Kualitas Tinggi?

KLATEN, virprom.com – Mobil Banka tua (motuba) sangat digemari masyarakat karena dianggap antik dan bandel. Motuba dalam kondisi bagus dan mulus biasanya diperuntukkan bagi penghobi atau kolektor.

Motuba menjadi barang koleksi seperti Toyota Kijang generasi pertama (1977-1981) yang berteknologi minim yakni karburator dan koil pengapian platina, Honda Civic generasi pertama (1972-1978) dan lain sebagainya.

Mengingat teknologi sepeda motor saat itu masih tergolong sederhana, perlukah oli berkualitas tinggi untuk menjaga performa dan ketahanan mesin?

Baca Juga: Mod Audio Motuba Dikatakan Lebih Ringan Dan Suaranya Lebih Baik

Spesialis Teknis PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, kebutuhan oli mesin sangat bergantung pada teknologi mesin yang digunakan pada era tersebut.

“Untuk mobil-mobil lawas, teknologi mesin yang digunakan pada masa itu tentu belum secanggih dan berperforma tinggi seperti saat ini,” kata Brahma kepada virprom.com, Jumat (31/5/2024).

Brahma mengatakan, mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi dan sistemnya sangat kompleks untuk menjaga performa dan efisiensi, sehingga juga membutuhkan teknologi oli yang tepat.

Baca juga: Dukung Pemerintah, Komunitas Motuba Terus Lakukan Uji Emisi Secara Mandiri

“Hal ini ada hubungannya dengan viskositas (SAE) dan kinerja (Layanan API), sedangkan produsen mobil tentu saja telah menentukan oli yang dapat digunakan untuk mobil yang mereka buat,” kata Braham.

Sementara Brahma mengatakan, mobil lawas lebih cocok menggunakan oli Mesran 40 dan sejenisnya, karena sifat mesinnya masih berteknologi sederhana, tingkat ketelitian komponennya masih cukup rendah.

“Bukan berarti mobil tua tidak bisa pakai Fastron, hanya saja teknologi olinya boros,” kata Brama.

Baca Juga: Tiket Test Show Dihentikan, Komunitas Motuba Bersyukur

Brahma mengatakan Mesran 40 memiliki spesifikasi API Service SE/CC, dapat digunakan untuk mesin bensin dan diesel. Sedangkan standar kekentalannya adalah SAE 40 single grade yang cocok digunakan di negara monsun tropis seperti Indonesia.

Dengan demikian, oli motor yang berkualitas akan lebih cocok untuk mobil modern dengan performa tinggi dan teknologi yang lebih kompleks. Sedangkan Motoba lebih cocok menggunakan oli grade 40. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top