Kyiv Sambut Baik Rencana Wapres AS Kamala Harris Hadiri KTT Perdamaian Ukraina

KYIV, virprom.com – Ukraina menyambut baik rencana Wakil Presiden AS Kamala Harris menghadiri konferensi perdamaian di Swiss pada Rabu (6/5/2024), meski Presiden Joe Biden menaruh harapan padanya.

KTT tersebut, yang bertujuan untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina, akan berlangsung pada pertengahan bulan ini, dan Kyiv berharap mendapatkan dukungan internasional sebanyak mungkin.

Rusia tidak diundang ke pertemuan tersebut.

Baca juga: Sri Lanka: 455 Orang Ditipu untuk Melawan Rusia di Ukraina

Andrea Yarmak, kepala Kantor Kepresidenan UE, mengatakan: “Presiden UE Kamala Harris telah dipastikan menghadiri konferensi perdamaian di Swiss pada 15-16 Juni. .

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky sebelumnya mengatakan jika Biden mengabaikan KTT tersebut, itu sama saja dengan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin.

Biden sendiri akan bertemu dengan Zelensky di Prancis minggu ini dan kemudian pada pertemuan G7 di Italia untuk membahas perang Ukraina-Rusia, kata Gedung Putih.

Baca juga: Daerah Perbatasan Ukraina Diserang Belgorod dan Kursk. Apa konsekuensi jika Ukraina mengizinkan Rusia menggunakan senjata Barat? Perang di Ukraina adalah peluang bagus untuk merekrut mata-mata Rusia

Konferensi perdamaian Ukraina rencananya akan diadakan di resor mewah Bergstock dekat pusat kota Lucerne, dan akan dipandu oleh Presiden Swiss Viola Amherd.

Rusia langsung mengecam rencana konferensi tersebut, dan Amherd mengakui bahwa kami tidak akan menandatangani rencana perdamaian pada konferensi tersebut, namun ia berharap akan ada konferensi kedua.

“Kami berharap dapat memulai proses ini,” katanya atas nama kantor berita AFP.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari 2022 dan memberikan tekanan baru terhadap pasukan Ukraina, mengecam pertemuan puncak tersebut sebagai bagian dari rencana Partai Demokrat yang diusung Presiden AS Joe Biden menjelang pemilihan presiden tahun ini.

Baca juga: Presiden Ukraina bertemu Menteri Pertahanan AS saat mengikuti forum keamanan di Singapura Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top