Lebih Baik Kopi Hitam atau Kopi Susu? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Kopi hitam dan kopi dengan susu sedang digemari karena dapat mencegah tidur. Namun, lebih baik kopi hitam atau kopi dengan susu?

Ternyata kopi hitam lebih baik dibandingkan kopi dengan susu karena kandungan nutrisinya lebih tinggi.

Kopi yang dicampur susu memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga dapat memberikan efek buruk pada berat badan dan menimbulkan beberapa efek samping bila dikonsumsi berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, temukan manfaat dan efek samping kopi hitam dan kopi dengan susu di bawah ini.

Baca juga: 8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula di Pagi Hari Manfaat Kopi Hitam dan Kopi dengan Susu

Untuk lebih memahami kopi hitam atau kopi dengan susu, sangat penting untuk memahami manfaat dan efek samping keduanya.

Faktanya, menambahkan susu pada kopi akan mempengaruhi manfaat kafein yang diterima tubuh.

Dikutip dari situs Health and Lybrate, beberapa manfaat kopi hitam adalah: Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan Mengurangi risiko diabetes jika digunakan secara rutin Meningkatkan kadar neurotransmitter di otak, seperti norepinefrin dan dopamin, sehingga meningkatkan mood, kewaspadaan, energi, waktu reaksi dan kemampuan kognitif

Sedangkan manfaat kopi dengan susu adalah: Memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman jika Anda memiliki masalah pencernaan, seperti asam lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD). Aman digunakan pada siang hari karena berdampak pada kualitas tidur yang kurang

Kopi hitam dan kopi dengan susu memiliki kandungan kafein yang sama. Namun kandungan kafein pada kopi hitam lebih pekat dibandingkan kopi dengan susu.

Artinya bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, disarankan untuk minum kopi dengan susu.

Namun, jika Anda tidak memiliki riwayat kesehatan tertentu, Anda bisa mengonsumsi kopi hitam untuk mendapatkan manfaat lebih dari kafein yang dikandungnya.

Baca juga: Enaknya Minum Kopi Setiap Hari? Berikut penjelasannya… Dampak buruk kopi hitam dan kopi dengan susu

Kopi hitam dan kopi dengan susu umumnya aman bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah wajar, yakni kurang dari empat cangkir sehari.

Konsumsi kopi hitam dan kopi susu secara berlebihan dapat menimbulkan banyak efek berbahaya, seperti tidur, gelisah, detak jantung cepat, sakit perut, sakit kepala, mual.

Efek samping yang Anda alami akan semakin parah jika Anda tidak terbiasa minum kopi atau sensitif terhadap kafein.

Selain membatasi konsumsinya, Anda juga mungkin ingin menghindari kopi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani pengobatan dari dokter.

Baca juga: Apa Dampak Minum Kopi dengan Susu Setiap Hari? Ini daftar 10…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top