Kenali Tanda Awal Mobil Sudah Harus Turun Mesin

SLEMAN, virprom.com – Menurunkan mesin bukan sekedar masalah kerusakan, melainkan salah satu bentuk perawatan mobil. 

Langkah melepas mesin ini tentunya dilakukan untuk mengantisipasi risiko kerusakan yang lebih parah agar biaya perbaikan tidak bertambah.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, ada beberapa gejala mesin mobil perlu dimatikan, namun tetap perlu dilakukan pemeriksaan agar dapat diambil tindakan yang tepat.

Baca juga: Ganti Oli Mesin. Jangan menyemprot dengan udara bertekanan

Misalnya asap knalpot berwarna putih, kemungkinan ring piston sudah aus sehingga oli gosong dan mesin perlu diperbaiki, namun jangan lupa untuk mengecek kemungkinan lain seperti kerusakan pada PCV. katup. ,” kata Hardi kepada virprom.com, Selasa (04-06-2024).

Hardi mengatakan, jika oli terbakar melalui jalur PCV atau jalur oil breather, maka tidak perlu dilakukan perbaikan hingga mesin mati.

Selain asap knalpot, Hardi juga mengatakan salah satu gejala yang bisa menandakan mesin tidak berfungsi adalah oli yang keruh.

Baca juga: Nissan Tak Tertarik Lagi Kembangkan Mesin ICE

“Kalau olinya keruh harus dihilangkan, karena pembilasan atau pembersihan sebagian tidak akan menyelesaikan masalah, malah bisa menimbulkan masalah baru,” kata Hardi.

Hardi mengatakan, persoalan yang dimaksud adalah penutupan saluran minyak akibat kebocoran lumpur minyak dalam skala besar.

Oleh karena itu, ada opsi overhaul sebagai upaya preventif terhadap permasalahan besar lainnya yang terjadi, yaitu membersihkan seluruh area oli dan mengganti piston ring kit, gasket, dan gauge, kata Hardi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Overheating Apakah Bisa Merusak Bagian Dalam Mesin?

Hardi mengatakan, biaya perbaikan mesin tanpa kerusakan serius akan jauh lebih murah dibandingkan jika ada masalah seperti mesin mengeluarkan suara kasar akibat komponen yang aus.

Biaya drop mesin mulai dari Rp7 juta hingga Rp10 juta untuk paket termurah termasuk pembersihan menyeluruh hingga bersih, kata Hardi. Dengarkan berita terbaru dan jaringan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top