Cara Lain Atasi Oli Mobil Berlumpur Tanpa Turun Mesin

KLATEN, virprom.com – Salah satu permasalahan pada mobil bermesin pembakaran dalam (ICE) adalah masalah pada sistem pelumasannya.

Oli mesin bisa menjadi keruh jika pelanggan tidak menggantinya secara rutin tepat waktu. Sebab, kotoran akan menumpuk sehingga lama kelamaan akan menimbulkan sampah dalam jumlah besar.

Hardy Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan pelumasan akan efektif jika oli mesin benar-benar larut, artinya mesin akan berkurang.

Baca Juga: Bahaya Mobil Kehabisan Oli Mesin di Jalan

 

“Lebih baik mematikan mesin untuk mengatasi oli yang terendam, langkah ini paling efektif dan paling tidak berisiko, daripada pelanggan harus menerima masalah berulang yang disebabkan oleh sistem pelumasan yang kurang optimal,” Hardy mengatakan kepada Komp. .com, Rabu (1/5/2024).

Mahmood, pemilik GK Auto Service Gunung Kidul, mengatakan cara mengatasi oli mesin kotor yang paling efektif adalah dengan membuang mesin secara langsung untuk menghilangkan kotoran tersebut.

“Beberapa orang masih berusaha membersihkan limbah oli dengan cara disiram, bisa menghilangkan limbahnya, tapi tidak dibuang dan dipisahkan dari mesin,” kata Mahmoud kepada virprom.com, Selasa (30/4/2024) dilansir di .

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Tiap 5.000 Km atau Tiap 10.000 Km Sesuai Buku?

Akibatnya, kotoran justru bisa menyumbat saluran minyak, menurut Mahfoud. Faktanya, saluran oli di dalam mesin relatif rapat sehingga tidak memungkinkan banyak kotoran keluar.

“Jika dana terbatas, dan ingin menghilangkan debu dengan aman, saya sarankan untuk lebih sering mengganti oli mesin, misalnya setiap 1.000 km, yang secara bertahap dapat mengurangi debu,” kata Mahfoud.

Mahfoud menjelaskan, oli mesin mempunyai sifat mengentalkan dan membersihkan, melarutkan oli baru ketika dituangkan ke dalam mesin yang kotor. Namun oli baru ini lebih mudah terkontaminasi sehingga perlu lebih sering diganti.

Baca Juga: Perlukah Mengganti Oli Mesin Mobil Setiap Saat?

“Cara ini memang akan memakan biaya lebih besar untuk membeli oli mesin, karena tidak cukup hanya sekali atau dua kali hingga lumpur di mesin berkurang,” kata Mahmood. Berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top